KAI Lengkapi 7 Fasilitas Depo LRT Jabodebek di Bekasi, Apa Saja?

Heri Purnomo ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 16:48:00 WIB
 KAI Lengkapi 7 Fasilitas Depo LRT Jabodebek di Bekasi, Apa Saja?
Kereta LRT Jabodebek yang ditempatkan di Depo LRT Jabodebek di Bekasi. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus melengkapi fasilitas Depo LRT Jabodebek berlokasi di Kecamatan Bekasi Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, dengan luas sekitar 100.000m2. Saat ini, progres LRT Jabodebek secara keseluruhan telah mencapai 84,22 persen dan akan diuji coba pada Desember 2022.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan fasilitas Depo LRT Jabodebek disiapkan untuk kepentingan penyimpangan, pemeriksaan, perawatan, serta perbaikan kereta dan sarana LRT Jabodebek beserta komponen pendukungnya. 

"Sebagai moda transportasi paling modern yang akan beroperasi di Indonesia, LRT Jabodebek tentu membutuhkan dukungan fasilitas untuk menghasilkan operasional LRT Jabodebek yang aman, nyaman dan selamat,” ujar Joni Martinus, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022). 

Dia menjelaskan, secara keseluruhan ada 7 fasilitas yang disiapkan di Depo LRT Jabodebek, yaitu :  

1. Mesin Bubut Roda Jenis Underfloor 
2. Stabling
3. Automatic Train Wash Plant (ATWP) 
4. Bangunan Operation Control Center (OCC) 
5. Light Maintenance dan Heavy Maintenance 
6. Area test track
7. Automatic Train Wash Plant 

Saat ini, lanjutnya, fasilitas Depo LRT Jabodebek yang sudah siap digunakan adalah area Mesin Bubut Roda Jenis Underfloor, Stabling, Automatic Train Wash Plant (ATWP), dan bangunan OCC.  

Menurut dia, Operation Control Center (OCC) merupakan fasilitas yang sangat vital di Depo LTRT Jabodebek. Area ini berfungsi sebagai tempat administrasi dan pusat kendali utama beroperasinya LRT Jabodebek. 

Seluruh operasional LRT Jabodebek kemudian berjalan secara otomatis dengan mengikuti jadwal yang telah ditetapkan. Operator pada OCC akan memantau jalannya LRT dan hanya akan mengintervensi jika ditemukan ketidaksesuaian seperti adanya keterlambatan, gangguan suplai daya, dan sebagainya.

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda