KAI Mulai Ujicoba Boarding dengan Memindai Wajah, Begini Caranya

Ikhsan Permana SP ยท Jumat, 30 September 2022 - 14:41:00 WIB
KAI Mulai Ujicoba Boarding dengan Memindai Wajah, Begini Caranya
KAI mulai ujicoba boarding dengan memindai wajah di Stasiun Bandung. Foto: KAI

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mulai ujicoba fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung. Ini merupakan fasilitas layanan boarding dengan kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah yang datanya sudah diintegrasikan dengan data tiket kereta hingga status vaksinasi pelanggan.

Fasilitas tersebut untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan KA Jarak Jauh. Dengan begitu, mereka tidak perlu repot menunjukan dokumen seperti boarding pass fisik, e-boarding pass, KTP, atau dokumen vaksinasi.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, KAI mengujicobakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Bandung dalam rangka memastikan dan menyempurnakan layanan inovatif terbaru dari KAI tersebut. Layanan ini ditargetkan bisa diterapkan di seluruh stasiun KA Jarak Jauh di berbagai daerah pada awal tahun depan. 

Untuk bisa mencoba fasilitas terebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi di awal yang berlaku untuk selamanya. Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP pada alat e-KTP reader, kemudian menempelkan jari telunjuk kanan atau kiri pada pemindai di e-KTP reader.

Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass. Pelanggan bisa langsung menuju ke Face Recognition Boarding Gate jika waktunya sudah mendekati jam keberangkatan.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda