Kaleidoskop Inews 2021

Kaleidoskop 2021 Sektor Ritel: Ada yang Tutup Gerai, Ada yang Hilang Selamanya

Jeanny Aipassa, Advenia Elisabeth ยท Sabtu, 25 Desember 2021 - 07:00:00 WIB
 Kaleidoskop 2021 Sektor Ritel: Ada yang Tutup Gerai, Ada yang  Hilang Selamanya
Promosi salah satu gerai Giant menjelang ditutup pada 31 Juli 2021.

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir telah memukul dunia usaha, diantaranya yang paling parah adalah sektor ritel

Sepanjang 2021, ribuan ritel telah mengurangi jumlah gerai, ada pula yang gulung tikar, karena tak sanggup menanggung biaya sewa, biaya operasional, hingga menggaji karyawan. 

Tak dapat dipungkiri, kebijakan pemerintah untuk menangani penyebaran Covid-19 melalui Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), yang antara lain membatasi operasional mal atau pusat perbelanjaan, menjadi penyebab kerugian bagi sektor ritel.

Berkurangnya jam operasional dan pembatasan mobilitas masyarakat di mal telah mengurangi pendapatan perusahaan ritel yang sebagian besar beroperasi di pusat perbelanjaan.

Ironisnya, sebagian besar dari perusahaan ritel yang menutup gerai bahkan hilang selamanya alias pailit di tahun ini, justru merupakan perusahaan ritel besar dengan pengalaman puluhan tahun. 

Beberapa diantaranya bahkan telah menjadi perusahaan tercatat (emiten) di Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti PT Hero Supermarket Tbk, PT Matahari Department Store Tbk, dan PT ACE Hardware Indonesia Tbk. 

Dampak dari penutupan sebagian hingga seluruh gerai ritel besar tersebut, tentu saja berdampak negatif bahkan menyebabkan multiplier efect bagi perekonomian. 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Roy Nicholas Mandey, mengatakan akibat penutupan gerai ritel modern pendapatan negara dan retribusi pendapatan daerah akan hilang.

Selain itu, penutupan ritel juga meningkatnya potensi kehilangan daya beli masyarakat, serta peningkatan angka pengangguran dari pekerja sektor ritel yang di PHK. 

Berikut kaleidoskop 2021 sektor ritel, dimana ada yang menutup sebagian gerai, hingga ada yang hilang selamanya, sebagaimana dirangkum iNews.id:  

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda