Karyawan Pertamina Positif Virus Corona, Begini Kronologinya

Rahmat Fiansyah ยท Senin, 23 Maret 2020 - 17:17 WIB
Karyawan Pertamina Positif Virus Corona, Begini Kronologinya

Pertamina. (Foto: ilustrasi/AFP)

JAKARTA, iNews.id - Satu karyawan PT Pertamina (Persero) positif terpapar virus corona. Dia bekerja di anak usaha PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) yang mengelola Blok Mahakam, Balikpapan.

General Manager Pertamina Hulu Mahakam John Anis mengatakan, karyawan tersebut bersama tiga karyawan lain melakukan perjalanan dinas ke Jakarta pada Kamis (12/3/2020). Dia menghadiri rapat kerja di salah satu hotel di Jakarta namun tidak ke kantor JHO (Jakarta Head Office) Pertamina.

Mereka berempat kembali ke Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (13/3/2020), lalu pada Senin (16/3/2020), karyawan itu merasa meriang dan batuk dan memeriksakan diri ke RS rujukan Balikpapan. Setelah menjalani serangkaian observasi dan tes, diinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (20/3/2020).

"Ketiga pekerja PHM lainnya dalam kondisi sehat dan tidak ada keluhan," katanya, Senin (23/3/2020).

Namun, kata John, ada dua karyawan PHM lain yang sedang dalam perawatan di ruang isolasi RS rujukan Balikpapan. Namun, keduanya dalam kondisi baik. Satu di antaranya juga sudah dinyatakan negatif.

"Sementara satu kasus lainnya masih menunggu konfirmasi. Manajemen (Pertamina) telah mendatangi mereka dan mereka sangat mengapresiasi dukungan manajemen dan seluruh pekerja," tuturnya.

John menjelaskan, sejak virus merebak, manajemen PHM telah melakukan upaya mitigasi agar virus tak menjangkiti karyawan dan keluarga. Selain sosialisasi, manajemen juga menerapkan kerja dari rumah (work from home) hingga menyediakan hand sanitizer di berbagai lokasi.

"Manajemen PHM memastikan bahwa operasi PHM tetap berjalan dan akan meningkatkan upaya mitigasi dan berbagai langkah pencegahan agar penyebaran virus ini tidak meluas," kata John.


Editor : Rahmat Fiansyah