Kemendag Targetkan Indonesia Jadi Kiblat Fesyen Muslim Dunia, Ini Strateginya
JAKARTA, iNews.id - Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) menargetkan Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia. Pasalnya, permintaan fesyen muslim mengalami peningkatan pesat di seluruh dunia.
Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Frida Adiati, mengatakan ada dua strategi yang harus dilakukan untuk mewujudkan target tersebut, yaitu kolaborasi dan penguatan ekosistem fesyen muslim di Indonesia.
“Indonesia pasti bisa mengambil peluang ini karena Indonesia kaya ragam kearifan dan budaya lokal yang bisa menjadi inspirasi dan aset bagi para desainer untuk terus berkarya,” ujar Inspektur Jenderal Kementerian Perdagangan, Frida Adiati dalam penutupan MUFFEST Plus Road to INTUMOTION 2023 di Jakarta, Jumat (10/3/2023).
Menurut Frida, Indonesia ditargetkan untuk melakukan penguatan jaringan (networking) dan berinteraksi (connecting) dengan terjun langsung dalam peta fesyen internasional pada 2023. Hal ini sesuai dengan Roadmap Fashion Muslim Indonesia.
Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya telah berkolaborasi dengan para jenama untuk berpartisipasi di ajang fesyen bergengsi internasional. Misalnya, pada 3–6 Maret 2023, Kementerian Perdagangan mengantarkan enam jenama Indonesia untuk mengikuti L’adresse Trade Showroom pada Paris Fashion Week 2023 di Paris, Prancis.