Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : 4 Bos Perusahaan Dituntut 4 Tahun Penjara di Kasus Korupsi Impor Gula
Advertisement . Scroll to see content

Kemendag Terima 5.292 Pengaduan Konsumen, Terbanyak dari 3 Sektor Ini

Rabu, 19 Oktober 2022 - 08:10:00 WIB
Kemendag Terima 5.292 Pengaduan Konsumen, Terbanyak dari 3 Sektor Ini
Direktur Pemberdayaan Konsumen Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) Kementerian Perdagangan, Ivan Fithriyanto, (Foto: dok Kemendag)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) telah menerima 5.292 pengaduan konsumen selama Januari-September 2022. 

"Pengaduan terbanyak datang dari 3 sektor, yaitu obat dan makanan, jasa keuangan, serta transportasi," kata Direktur Pemberdayaan Konsumen Ditjen PKTN Kemendag, Ivan Fithriyanto, dalam acara Edukasi Perlindungan Konsumen bersama Universitas Singaperbangsa Karawang, Selasa (18/10/2022).

Dia menjelaskan, dalam upaya melindungi konsumen secara optimal, Direktorat Pemberdayaan Konsumen menyiapkan layanan pengaduan konsumen yang dapat diakses dengan berbagai cara. 

"Layanan pengaduan konsumen ini bisa diakses melalui kedatangan langsung, surat, aplikasi Whatsapp, surat elektronik, juga website," ungkap Ivan. 

Selain itu, lanjutnya, Kemendag juga aktif di berbagai forum perlindungan konsumen, baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa forum tersebut, diantaranya Intergovernmental Group of Expert (IGE) on Consumer Protection Law and Policy yang merupakan organisasi United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD) yang membahas upaya peningkatan perlindungan konsumen secara nasional dan global.

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut