Kemenhub Beri Penghargaan Tim Patroli Tanjung Uban yang Tangkap Kapal Ikan China

Djairan ยท Kamis, 16 Juli 2020 - 16:40 WIB
Kemenhub Beri Penghargaan Tim Patroli Tanjung Uban yang Tangkap Kapal Ikan China

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Agus H Purnomo (tengah) usai memberikan piagam penghargaan kepada tim patroli Pangkalan Penjagaan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Uban yang menangkap kapal ikan China. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan penghargaan kepada tim patroli Pangkalan Penjagaan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Tanjung Uban. Mereka dinilai berprestasi karena menangkap kapal ikan dari China.

Kapal ikan Lu Huang Yuan Yu 118 dan 117 berbendera China ditangkap tim patroli Tanjung Uban pada 10 Juli lalu. Kapal tersebut diduga beroperasi secara ilegal di perairan Selat Singapura.

Penghargaan tersebut diberikans secara langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Agus H Purnomo, di Kantor Kemenhub, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Dalam prosesi tersebut, piagam penghargaan diberikan kepada tiga aparat petugas patroli Tanjung Uban. Ketiganya yaitu Handry Sulfian (Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban), Nico Morris Selayar (Nakhoda dan ABK Kapal Negara Sarotama-P.112), dan Putra Wardana (Nakhoda dan ABK Kapal Negara Kalimasada-P.115).

“Saya atas nama Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada kawan-kawan semua dari PLP Tanjung Uban, baik kepada Kepala PLP, juga Nakhoda Sarotama-P.112 dan Kalimasada-P.115, dan seluruh kru yang bertugas di sana. Ini semua bentuk bakti kepada negeri,” ujar Agus.

Dia berharap prestasi tersebut bisa memancing semangat aparat petugas patroli lainnya untuk menjaga penegakkan hukum di wilayah laut Indonesia.

Pada Jumat (10/7/2020), KN Sarotama-P.112 yang dinakhodai Nico Morris Selayar dan KN Kalimasada-P.115 yang dinakhodai Putra Wardana, berhasil mengejar dan menghentikan kapal ikan Lu Huang Yuan Yu 117 dan 118. Hasil patroli dilanjutkan dengan penyerahan kepada kepolisian setempat.

Tim Gabungan Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri dan Polda Kepulauan Riau berhasil mengusut kasus penganiayaan terhadap WNI, Hasan Apriyadi, ABK kapal ikan China Lu Huang Yuan Yu 118.

Atas penghargaan tersebut, Kepala Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Uban, Handry Sulfian berharap prestasi itu dapat menjadi pemacu semangat petugas patroli lainnya untuk memberikan dedikasi bagi penjagaan wilayah laut di Indonesia.

“Saya berharap, kepada rekan-rekan khususnya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut, agar tetap semangat melakukan kegiatan patroli rutin, untuk melayani jasa maritim negara kita,” kata Handry.

Editor : Rahmat Fiansyah