Kemenhub dan KNKT Investigasi Kecelakaan Bus Tabrak Tebing di Bukit Bego Bantul

azhfar muhammad ยท Senin, 07 Februari 2022 - 13:05:00 WIB
Kemenhub dan KNKT Investigasi Kecelakaan Bus Tabrak Tebing di Bukit Bego Bantul
Kemenhub bersama KNKT dan kepolisian akan melakukan investigasi di tempat kejadian perkara kecelakaan bus pariwisata yang menabrak tebing di Bukit Bego, Bantul. (foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan melakukan investigasi di tempat kejadian perkara kecelakaan bus pariwisata yang menabrak tebing di Bukit Bego, Imogiri, Bantul, Minggu (6/2/2022). Akibat kecelakaan tersebut, 13 orang tewas dan 34 lainnya luka-luka.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menuturkan, pihaknya akan menggelar investigasi bersama sejumlah pihak seperti Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hingga kepolisian hari ini. Investigasi ini untuk melakukan evaluasi, sehingga muncul mitigasi dan rekomendasi atas kecelakaan ini.

“Hari ini Kemenhub bersama Ketua KNKT dan beberapa direktur dan staf saya, bersama kepolisian sedang melakukan investigasi atau pengecekan kembali ke TKP di Yogyakarta,” ujar Budi saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (7/2/2022). 

Berdasarkan laporan yang diterima, Budi mengungkapkan secara sepintas bahwa bus pariwisata yang mengalami kecelakaan, uji kendaraannya masih layak dengan pembuatannya di tahun 2011, yang artinya masih boleh dilakukan. 

“Tentunya kami akan melakukan pengecekan kembali, nanti mitigasinya apa yang kita dapatkan, nanti apa rekomendasi apa dalam pengembangan termasuk  infrastrukrurnya atau kemudian didalamnya capacity building untuk kendaraannya,” kata dia. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda