Kerja Sama Pembangunan Berkelanjutan, Jepang Mau Cari Solusi Masalah Lingkungan di RI

Michelle Natalia ยท Senin, 14 Juni 2021 - 18:36:00 WIB
Kerja Sama Pembangunan Berkelanjutan, Jepang Mau Cari Solusi Masalah Lingkungan di RI
Duta Besar Jepang Kanasugi Kenji. Foto: Instagram

JAKARTA, iNews.id - Jepang dan Indonesia memiliki hubungan kerja sama yang baik selama ini. Karena itu, Jepang tertarik untuk kerja sama mengembangkan pembangunan berkelanjutan (sustainable development). 

"Kami ingin bisa mencari solusi bersama atas masalah perubahan iklim, dan juga degradasi lingkungan yang merupakan masalah besar di Indonesia," Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Senin (14/6/2021).

Menurut dia, kerja sama antara Indonesia-Jepang seperti dalam proyek MRT atau kereta subway pertama di Jakarta adalah sebuah kemajuan yang sangat penting. Pasalnya, keberadaan lokasi MRT akan membantu mengurangi polusi udara dan kemacetan di Jakarta.

"Hemat saya, pembangunan berkelanjutan di Indonesia adalah kata kunci kerja sama di antara Jepang dan Indonesia," ujar Kanasugi.

Belum lama ini, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya mengatakan, kerja sama lingkungan hidup Indonesia dan Jepang dilanjutkan dengan baik. Bahkan, kedua negara setuju kerja sama itu diatur melalui Kerangka Acuan untuk kerja sama sekali jalan, dan Perjanjian Terpisahan untuk aktivitas dalam janga panjang. 

Editor : Jujuk Ernawati