Kinerja Kinclong, Laba Bersih MNCN Naik 25 Persen di Kuartal II 2021

MNC Media ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 21:27:00 WIB
 Kinerja Kinclong, Laba Bersih MNCN Naik 25 Persen di Kuartal II 2021
PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan kenaikan laba bersih sebesar 25 persen (YoY) menjadi Rp843,2 miliar pada kuartal II 2021. (Foto Ilustrasi MNCN)

JAKARTA, iNews.id - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) membukukan kenaikan laba bersih sebesar 25 persen (YoY) menjadi Rp843,2 miliar pada kuartal II 2021, dibandingkan Rp674,9 miliar di tahun sebelumnya. 

Dengan mengecualikan nilai penyesuaian forex, laba bersih dibukukan  sebesar Rp745,8 miliar dibandingkan Rp466,2 miliar pada periode yang sama tahun sebelumnya, yang mewakili peningkatan sebesar 60 persen (YoY) dengan marjin laba bersih sebesar 27 persen.

Untuk Semester I 2021, laba bersih perseroan mengalami peningkatan sebesar 26 persen (YoY) menjadi Rp1.264 miliar dari Rp1.008 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

MNCN juga menorehkan hasil yang baik dengan membukukan peningkatan yang signifikan dalam pendapatan konsolidasi sebesar 40 persen (YoY) di kuartal II 2021 menjadi Rp2.722 miliar dari Rp1.951 miliar pada periode yang sama tahun lalu. 

Sementara total pendapatan yang dicapai pada semester I 2021 tercatat sebesar Rp4.863 miliar, mengalami peningkatan sebesar 23 persen (YoY) dari Rp3.967 miliar pada semester I 2020.

Peningkatan pendapatan perseroan tidak terlepas dari kontribusi pendapatan iklan yang pada kuartal II 2021 menorehkan pertumbuhan sebesar 47 persen (YoY) menjadi Rp2.655 miliar dibandingkan periode sama di tahun lalu yang sebesar Rp1.803 miliar. 

Pendapatan non-digital yang merupakan kontributor utama pendapatan iklan perseroan, mengalami peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 31 persen (YoY) dari Rp1.593 miliar di kuartal II 2020 menjadi Rp2.087 
miliar di kuartal II 2021. 

Perseroan menjelaskan, total pendapatan yang diperoleh RCTI pada bulan April 2021 telah mencapai rekor tertinggi dalam sejarah FTA TV di Indonesia dengan mencapai Rp441 miliar pada bulan tersebut. 

Selain itu, pertumbuhan pendapatan non-digital yang signifikan berasal dari kinerja berbagai program reguler dan special yang baik, serta dimulainya EURO 2020, yang ditayangkan pada kuartal tersebut yang menghasilkan iklan reguler dan iklan non-reguler yang signifikan bagi MNCN. 

Perseroan juga berhasil memperoleh pencapaian yang hampir setara dengan perolehan pada kuartal II 2019, yang membuka jalan untuk kinerja yang baik pada semester kedua di tahun buku 2021.

Pendapatan digital mengalami pertumbuhan sebesar 171 persen (YoY) dari Rp209,8 miliar pada kuartal II 2020 menjadi Rp568,2 miliar pada Q2-2021. Hal ini disebabkan oleh kinerja baik RCTI+ secara berkelanjutan, serta sumber pendapatan digital MNCN lainnya yaitu monetisasi media sosial di Facebook, YouTube, TikTok, dan portal online milik Perseroan, yang terus menunjukkan pencapaian positif di tahun ini.

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2