Kisah Liem Seeng Tee, Anak Yatim Piatu yang Sukses Dirikan Rokok HM Sampoerna

Viola Triamanda · Kamis, 09 Juni 2022 - 06:44:00 WIB
Kisah Liem Seeng Tee, Anak Yatim Piatu yang Sukses Dirikan Rokok HM Sampoerna
Liem Seeng Tee, anak yatim piatu yang sukses dirikan rokok HM Sampoerna. Foto: Dok Sampoerna

JAKARTA, iNews.id - PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk atau Sampoerna merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di Tanah Air. Pendiri perusahaan ini adalah Liem Seeng Tee

Berkat kerja kerasnya PT HM Sampoerna sukses hingga saat ini. Meski mayoritas sahamnya kini dipegang Philip Morris International sebesar 92,5 persen, namun kesuksesan PT HM Sampoerna Tbk tak bisa lepas dari sejarah pendirinya, Liem Seeng Tee.

Liem Seeng Tee yang saat itu berusia 5 tahun bersama ayah dan kakak perempuannya hijrah ke Indonesia dari Desa Anxi, Fujian, China dengan menumpang kapal dagang. Sementara ibunya telah meninggal dunia.

Dalam perjalanannya ketika tiba di Singapura, sang kakak diadopsi. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan menuju Surabaya. Namun ayahnya sakit keras dan enam bulan kemudian meninggal dunia. 

Liem yang sempat dititipkan kepada keluarga sederhana di Bojonegoro melanjutkan hidupnya sebagai anak yatim piatu. Liem hidup bersama keluarga barunya yang penuh dengan keterbatasan. Namun dia banyak mempelajari ilmu-ilmu dasar berdagang hingga bisa hidup mandiri.

Saat berusia 11 tahun, Liem memutuskan untuk pergi dari keluarga angkatnya. Liem yang telah menjadi belajar menghidupi dirinya sendiri dengan cara berjualan di gerbong kereta jurusan Jakarta-Surabaya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda