Kisah Sukses Pembantu Rumah Tangga Jadi Miliarder, Kerja sejak Usia 13 Tahun

Suparjo Ramalan · Kamis, 17 Februari 2022 - 06:48:00 WIB
Kisah Sukses Pembantu Rumah Tangga Jadi Miliarder, Kerja sejak Usia 13 Tahun
Erlyanie, pembantu rumah tangga yang jadi miliarder. Foto: IG Erlyanie

JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses pembantu rumah tangga jadi miliarder bernama Erlyanie ini sangat menginspirasi. Meski awalnya menjadi pembantu atau asisten rumah tangga (ART) sejak usia 13 tahun, namun dengan kerja keras dan kegigihannya, dia sukses menjadi pengusaha

Perempuan asal Boyolali, Jawa tengah ini merupakan fonder dan CEO B Erl Cosmetics. Label kosmetiknya diluncurkan pada Februari 2017 dan pada Agustus 2019, member-nya mencapai 30.000. 

Kesuksesannya menjadi pengusaha di bidang kecantikan ini dimulai dari nol. Erlyanie merupakan anak desa ini memilih merantau ke Jakarta bersama tantenya setelah lulus Sekolah Dasar (SD). Alasannya hijrah ke Jakarta karena tidak kuat dengan tekanan yang diterima dari ibu tirinya. 

"Di sana tekanan ibu tiri harus nahan nangis tiap hari. Jadi pagi terima ijazah (SD), siang pamit dan ayah karena tahu aku akhirnya diizinkan. Aku ikut tante ke Jakatrta," kata dia, dikutip dari channel YouTube Christina Lie, Kamis (17/2/2022). 

Namun setibanya di Jakarta, dia bingung ingin bekerja apa. Pasalnya, usia Erlyanie saat itu baru 13 tahun. Akhirnya, karena selama ini yang dia ketahui orang desa ke kota menjadi ART, Erlyanie pun ingin menjadi ART.  

Dia bekerja menjadi ART di rumah teman tantenya pada 2000 selama 6 bulan. Dengan hasil pekerjaan yang belum maksimal saat itu, seperti menyeterika kurang halus, dia hanya dibayar Rp100.000 per bulan. 

Setelah itu, dia pindah majikan. Namun di majikan kedua ini, dirinya malah tidak digaji lantaran dianggap sebagai anak sendiri. 

"Majikan kedua, aku dianggap anak, orangnya cerewet, kalau cuci belum bersih minta diulang," ujarnya. 

Namun di sinilah, dia setiap siang diizinkan majikannya untuk keluar. Kesempatan itu dia manfaatkan untuk pergi ke dua SMP di dekat rumah majikannya secara bergantian. 
 
"Saya izin sejam, saya intipin karena pingin sekolah sampai pernah diusir satpam. Saya juga bilang ke orang tua, ke Jakarta untuk sekolah," ucapnya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda