Kisah Sukses Pendiri Google, dari Komputer Bekas Kini Masuk Daftar 10 Orang Terkaya Dunia

Ikhsan Permana SP ยท Sabtu, 22 Oktober 2022 - 18:43:00 WIB
Kisah Sukses Pendiri Google, dari Komputer Bekas Kini Masuk Daftar 10 Orang Terkaya Dunia
Kisah sukses pendiri Google, dari komputer bekas kini masuk daftar 10 orang terkaya dunia. Foto: Reuters

NEW YORK, iNews.id - Kisah sukses pendiri Google sangat menarik untuk dijadikan inspirasi dan motivasi. Namun, tahukah Anda siapa pendiri Google?

Mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin. Sejak didirikan, Google telah menjadi salah satu bisnis dot-com paling sukses dalam sejarah.

Kesukesannya dua orang cerdas ini diraih dengan jalan yang cukup berliku hingga akhirnya membuat nama mereka berada dalam daftar 10 orang terkaya dunia saat ini. Bagaimana kisah sukses pendiri Google selengkapnya? Simak yuk!
 
Larry Page lahir pada 26 Maret 1973. Dia dibesarkan di kawasan East Lansing, Minchigan. Ayahnya adalah seorang profesor ilmu komputer dan pelopor kecerdasan buatan di Michigan State University. Sedangkan ibunya instruktur programming di sebuah universitas.

Sementara Sergey Brin lahir di Moskow, Rusia pada 21 Agustus 1973. Ayahnya seorang profesor matematika, yang mengajar di Universitas Maryland. 

Pada 1995, Page dan Brin bertemu di Universitas Stanford saat mereka menjadi mahasiswa pascasarjana dalam ilmu komputer. Pada Januari 1996, mereka mulai berkolaborasi dalam menulis program untuk mesin pencari yang disebut Backrub - dalam perjalanannya berubah menjadi Google -, dinamai berdasarkan kemampuannya untuk melakukan analisis tautan balik. Proyek ini menghasilkan makalah penelitian yang sangat populer berjudul "The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine."

Mesin pencari ini unik karena menggunakan teknologi yang mereka kembangkan, yang disebut PageRank yang menentukan relevansi situs web dengan mempertimbangkan jumlah halaman, bersama dengan pentingnya halaman, yang ditautkan kembali ke situs aslinya. Pada saat itu, mesin pencari memberi peringkat hasil berdasarkan seberapa sering istilah pencarian muncul di halaman web.

Kemudian, Page dan Brin mulai bekerja mengembangkan mesin pencari mereka, yang merupakan proyek yang sangat sedikit dilakukan pada saat itu. Beroperasi dari kamar asrama mereka, kedua sahabat ini membangun jaringan server menggunakan komputer pribadi yang murah, dan bekas. Mereka bahkan memaksimalkan kartu kredit untuk membeli terabyte disk dengan harga diskon.

Pada awal pengembangan, Page dan Brin mencoba menjual gagasan mereka. Namun, ditolak AltaVista, Excite, dan Yahoo. Akhirnya mereka mengembangkan proyeknya secara mandiri dengan dana terbatas. Setelah dikembangkan lebih lanjut, mesin pencari Google akhirnya berubah menjadi komoditas menarik. 

Salah satu pendiri Sun Microsystems Andy Bechtolsheim sangat terkesan sehingga setelah demo singkat Google, dia memberikan cek senilai 100.000 dolar AS kepada Google Inc., meskipun faktanya Google sebagai badan hukum belum ada saat itu. Namun, langkah berikutnya tidak memakan waktu lama, Google akhirnya meluncur pada 4 September 1998. 

Cek itu juga memungkinkan mereka untuk mengumpulkan 900.000 dolar AS untuk putaran pendanaan awal. Investor lainnya yang menyuntikan dana, termasuk pendiri Amazon Jeff Bezos.

Dengan dana yang cukup, Google Inc membuka kantor pertamanya di Menlo Park, California. Google.com, mesin pencari beta (status pengujian) diluncurkan dan menjawab 10.000 permintaan pencarian setiap hari. Pada 21 September 1999, Google secara resmi menghapus versi beta dari judulnya.

Pada 2001, Google mengajukan dan menerima paten untuk teknologi PageRank yang mencantumkan Larry Page sebagai penemunya. Pada saat itu, perusahaan telah pindah ke tempat yang lebih besar di dekat Palo Alto. Kemudian, perusahaan mencatatkan sahamnya di Nasdaq pada 19 Agustus 2004.

Selama periode pertumbuhan yang cepat, perusahaan memperkenalkan berbagai produk, termasuk Gmail, Google Documents, Google Drive, Google Voice, dan browser web yang disebut Chrome. Selain itu, juga mengakuisisi platform video streaming YouTube dan Blogger.com. 

Pada 2015, Google menjalani restrukturisasi divisi dan personel dengan nama Alphabet. Sergey Brin menjadi presiden perusahaan induk yang baru dibentuk, Larry Page sebagai CEO. Sementara posisi Brin di Google ditempati Sundar Pichai. Secara kolektif, Alphabet dan anak perusahaannya secara konsisten menempati peringkat 10 besar perusahaan paling berharga dan berpengaruh di dunia.

Kesuksesan pendiri Google membuat mereka masuk dalam daftar orang terkaya dunia. Dalam data Real Time Billionaiers Forbes, Page berada di peringkat 8 orang terkaya dunia dengan kekayaan mencapai 87,3 miliar dolar AS atau setara Rp1.356,4 triliun. Sedangkan Brin di posisi 10, dengan kekayaan sebesar 83,8 miliar dolar AS atau Rp1.302 triliun. 

Itulah kisah sukses pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin. Semoga menginspirasi Anda.  

Editor : Jujuk Ernawati

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda