Kisah Sukses Pendiri Krispy Kreme dan Dunkin' Donuts, Waralaba Donat Asal AS yang Mendunia

JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses pendiri Krispy Kreme dan Dunkin 'Donuts, waralaba donat asal Amerika Serikat yang mendunia ini, sangat menginspirasi.
Perjalanan panjang Krispy Kreme dan Dunkin 'Donuts sebagai toko donat legendaris dunia tak terlepas dari tangan dingin pendirinya. Kisah sukses mereka menjadi pembicaraan di kalangan bisnis sebab mampu menyulap pengangan adonan tepung terigu itu menjadi salah satu camilan populer di dunia.
Adalah Vernon Rudolph, yang memulai bisnis toko makanan khusus donat yang diberi nama Krespe Kreme. Ide mendirikan Krispy Kreme bermula saat Vernon merasakan cita rasa adonan ragi yang lembut dan ringan.
Tak berpikir lama, Vernon pun membeli resep tersebut, yang diyakini berasal dari seorang juru masak di New Orleans, Amerika Serikat (AS). Dengan dibantu sang paman, ia menyewa sebuah bangunan di North Carolina dan mulai memasarkan donat Krispy Kreme perdana pada 13 Juli 1937.
Aroma donat yang lezat menyebar ke jalanan, menggiring penciuman para pejalan kaki ke toko sederhananya itu. Orang-orang menanyakan apakah mereka bisa membeli satu donat hangat. Vernon akhirnya membuat lubang di dinding luar tokonya agar dapat menjual langsung ke pelanggan yang berjalan di trotoar.
Seiring waktu berkembang, rantai toko milik Vernon bertambah, yang mayoritas dikuasai oleh keluarga terdekat. Inovasi diterapkan untuk menjangkau konsumen di setiap level usia. Optimalisasi dan efisiensi diterapkan dalam proses pembuatan.
Roti yang umumnya berbentuk bulat dengan lubang di tengah itu akhirnya semakin digemari warga negeri Paman Sam. Ide-ide pembuatan donat dengan bebagai varian mulai bermunculan. Tak hanya itu, toko donat pun menyebar ke berbagai wilayah, termasuk Dunkin Donuts yang berdiri di Massachusetts pada 1950.