Kisah Sukses Susu Mbok Darmi, Bisnis Mahasiswa yang Kini Tersebar di 5 Kota

Cahya Puteri Abdi Rabbi ยท Sabtu, 24 September 2022 - 14:16:00 WIB
Kisah Sukses Susu Mbok Darmi, Bisnis Mahasiswa yang Kini Tersebar di 5 Kota
Outlet Susu Mbok Darmi. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Kisah sukses produk Susu Mbok Darmi sangat menginspirasi. Berawal dari bisnis mahasiswa di kantin kampus, kini Susu Mbok Darmi tersebar di 5 kota Jabodetabek. 

Saat ini, banyak bermunculan minuman kekinian yang digandrungi masyarakat. Selain kopi, minuman susu dengan berbagai rasa juga digemari. Salah satunya adalah Susu Mbok Darmi. 

Merek minuman berbahan susu pasteurisasi ini, merupakan bisnis perdana yang didirikan Dhony Pratama. Susu Mbok Darmi berawal dari ide sederhana Dhony untuk menambah uang jajan ketika masih menjadi mahasiswa.

Saat itu, ia berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor (IPB). Ide mendirikan Susu Mbok Darmi muncul saat ia melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajarinya.

Susu Mbok Darmi pertama kali dibuka di kantin kampusnya, di mana Dhony optimistis bahwa target pasarnya sudah terbentuk, yakni para mahasiswa.

Ketika banyak gerai minuman kekinian lainnya menggunakan nama yang kebarat-baratan, Dhony justru memilih menggunakan nama ‘Mbok Darmi’ yang menurutnya sangat melokal. 

Selain itu, Susu Mbok Darmi juga tampil dengan slogan yang nyeleneh. Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi pada awal kemunculannya.

Kini, Susu Mbok Darmi berada di bawah naungan PT Sumoda Tama Berkah. Minuman susu dengan berbagai macam menu ini merupakan produk minuman olahan susu pasteurisasi yang bahan bakunya berasal dari peternak lokal di sekitar Kota Bogor dan disajikan dengan konsep lokal ‘jadul’ yang berdiri sejak tahun 2013.

Outlet Susu Mbok Darmi biasa disebut menggunakan istilah ‘gubuk’. Tampilan setiap gubuk Susu Mbok Darmi menceritakan ciri khas lokal namun juga tetap elegan. Adapun, Susu Mbok Darmi biasa menyapa konsumen setianya dengan istilah ‘Cucu si Mbok’.

Saat ini, Susu Mbok Darmi memiliki tiga kategori menu utama yakni, fresh, premium dan spesial antara lain, Darmi Cheese, Darmi Cadburry, Darmi Regal, dan masih banyak lagi.

Susu Mbok Darmi sendiri kini memiliki 34 outlet yang telah tersebar di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Tak hanya mengandalkan outlet offline, sajian Susu Mbok Darmi juga dapat dipesan melalui platform pesan antar digital seperti Grab Food, Go Food, dan Shopee Food.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda