Kisah Tukang Las Jadi Raja Restoran Hotpot Berharta Rp161 Triliun

Aditya Pratama ยท Minggu, 01 Agustus 2021 - 19:30:00 WIB
Kisah Tukang Las Jadi Raja Restoran Hotpot Berharta Rp161 Triliun
Raja restoran hotpot, Zhang Yong. Foto: Forbes

SINGAPURA, iNews.id - Pendiri dan CEO Haidilao International Holding Zhang Yong adalah salah satu orang terkaya di Singapura. Berdasarkan data Forbes, total kekayaannya mencapai 11,1 miliar dolar AS atau Rp161 triliun. 

Semua kekayaan tersebut berasal dari kerajaan restoran hotpot Haidilao. Dia memiliki banyak restoran hotpot yang tersebar di seluruh dunia, sehingga membuat Zhang dijuluki sebagai raja restoran hotpot. 

Kesuksesan pria yang berada di urutan 75 orang terkaya dunia ini tidak dicapai dengan mudah. Zhang bukan keturunan miliarder atau pengusaha. Dia bahkan tak pernah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Awalnya, Zhang yang tidak tahu cara menyajikan hotpot  ini baru mengunjungi restoran hotpot untuk pertama kalinya pada usia 19 tahun. Sayangnya, miliarder kelahiran Sichuan, China itu mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan saat itu. Menurutnya, makanan yang disajikan di bawah standar dan pelayanannya buruk.

Namun pengalaman tersebut justru membuat Zhang menyadari pentingnya layanan pelanggan. Setelah berselisih dan ditolak bosnya untuk mendapatkan apartemen perusahaan, dia memutuskan berhenti dari pekerjaannya sebagai tukang las di pabrik traktor yang telah enam tahun ditekuninya. 

Pada 1994, dia membuka restoran hotpot pertama. Dia mengaku tidak memiliki modal, latar belakang memasak atau keahlian yang mumpuni dalam menyiapkan hotpot tradisional Sichuan. Namun dia memiliki visi menawarkan pengalaman restoran yang berkesan kepada pelanggannya.

Editor : Jujuk Ernawati

Halaman : 1 2