KKP Berencana Bangun Kawasan Pangan Udang di Aceh Timur

Suparjo Ramalan ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 07:40:00 WIB
KKP Berencana Bangun Kawasan Pangan Udang di Aceh Timur
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono (kanan) saat bertemu dengan Bupati Aceh Timur Hasballah Bin H.M Thaib (kiri) di Kantor KKP, Jakarta, Selasa (12/1/2021). (Foto: Humas KKP)

 JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana membangun kawasan pangan berbasis udang (shrimp estate) di Kabupaten Aceh Timur. Pembangunan tersebut akan menggandeng pemerintah daerah (pemda) setempat.

"Kalau ada lahan fresh kita bangun shrimp estate. Itu yang nantinya jadi model industri," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Rabu (13/1/2021).

Rencana tersebut disampaikan dalam pertemuan antara Trenggono dengan Bupati Aceh Timur Hasballah Bin H.M Thaib di Kantor KKP, Jakarta, Selasa (12/1/2021). Dia menyebut, kawasan tersebut membutuhkan lahan antara 5.000-10.000 hektare.

Trenggono mengatakan, KKP akan mendorong teknologi tinggi agar hasil panen udang bisa maksimal minimal 40 ton per hektare per siklus. Apalagi, kata dia, Aceh Timur sangat potensial sebab kondisi air dan lahannya sangat cocok untuk pengembangan tambak udang.

Dia menegaskan pembangunan kawasan pangan udang harus melalui perencanaan bisnis dan kajian yang matang agar nilai ekonomi yang dihasilkan tinggi dan lingkungan sekitar tetap lestari.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2