Koin Kripto dengan Fluktuatif Tinggi Namun Layak Dikoleksi

Jeanny Aipassa ยท Sabtu, 15 Januari 2022 - 17:15:00 WIB
Koin Kripto dengan Fluktuatif Tinggi Namun Layak Dikoleksi
Ilustrasi koin kripto Bitcoin. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Bukan rahasia bahwa mata uang kripto atau koin kripto merupakan aset investasi dengan fluktuatif tinggi. Pergerakan harga koin kripto dapat melesat tinggi tanpa batas, tetapi dapat juga terjun bebas dalam waktu yang cepat. 

Hal itu, menyebabkan banyak bank sentral atau otoritas keuangan di berbagai negara memandang koin kripto sebagai instrumen spekulasi, bukan lindung nilai.

Meski demikian, koin kripto menarik mintat investor spekulan, terutama dari kalangan muda. Di satu sisi, mereka menyadari risiko tinggi karena harganya yang fluktuatif, tapi juga tertarik dengan peluang untuk menghasilkan banyak uang dalam waktu cepat. 

Semua itu, tidak terlepas dari banyaknya kisah sukses orang-orang yang menjadi kaya karena koin kripto. Baik media massa maupun media sosial kerap mengangkat kisah sukses dari orang-orang yang pada suatu hari di tahun 2009, iseng-iseng membeli 5.000 BTC (simbol ticker bitcoin) seharga kurang dari 30 dolar Amerika Serikat (AS), lalu melupakannya, dan sekarang mendapati mereka telah menjadi milioner.

Sebaliknya, kisah kegagalan atau kerugian besar-besaran akibat berinvestasi di koin kripto cenderung tak menarik perhatian publik, terutama investor spekulan. Bahkan peringatan dari berbagai ahli dan otoritas keuangan pun, tak mampu menyurutkan pertambahan investor muda yang terjun ke investasi koin kripto. 

Meski demikian, seorang investor yang bijak, seharusnya selalu berusaha untuk mengerti risiko yang dihadapinya pada setiap investasi, tak terkecuali untuk koin kripto dengan fluktuatif tinggi. 

Mengutip Coinmarketcap, kapitalisasi pasar koin kripto secara global pada Sabtu (15/1/2022) adalah sebesar 2,06 triliun dolar AS, mnaik 1,49 persen dari hari sebelumnya. 

Total volume pasar kripto selama 24 jam terakhir adalah 78,12 miliar dolar AS, mengalami penurunan 24,55 persen. Total volume di DeFi saat ini adalah 12,08 miliar dolar AS, atau sekitar 15,46 persen dari total volume pasar crypto 24 jam. 

Volume semua koin kripto stabil menjadi 62,56 miliar dolar AS, yang merupakan 80,08 persen dari total volume pasar kripto 24 jam. Sementara harga Bitcoin saat ini adalah 43.033,21 dolar AS. Dominasi Bitcoin saat ini 39,57 persen, turun 0,07 persen dari hari sebelumnya.

Hingga Sabtu (12/7/2021), terdapat 9.084 jenis koin kripto. Namun hanya beberapa diantaranya yang memiliki kapitalisasi terbesar. Meskipun koin kripto memiliki fluktuatif tinggi, beberapa diantaranya layak dikoleksi. 

Berikut daftar koin kripto dengan fluktuatof tinggi namun layak dikoleksi seperti dirangkum iNews.id, Sabtu (15/1/2022):

1. Bitcoin (BTC) 

Bitcoin merupakan mata uang kripto atau uang digital yang diciptakan pada 2009  oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto. 

Bitcoin digunakan dalam transaksi di internet tanpa menggunakan perantara. Dengan menggunakan sistem peer to peer (P2P), bitcoin bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal. Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai mata uang kripto yang terdesentralisasi.

Harga Bitcoin per Sabtu (15/1/2022) pada pukul 16.00 WIB mencapai angka US$43.015,50. Suplai bitcoin saat ini adalah 18,929 juta, dengan kapitalisasi pasar mencapai 814,655 miliar dolar AS. Dengan demikian, bitcoin merupakan jenis koin kripto dengan valuasi tertinggi diantara semua jenis koin kripto.

Editor : Jeanny Aipassa

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda