Kuasai 2 Besar OTT di Comscore, Pengguna Aktif RCTI+ Milik MNCN dan Vision+ Milik IPTV Terbesar di RI! 

Aditya Pratama · Kamis, 08 April 2021 - 19:30:00 WIB
Kuasai 2 Besar OTT di Comscore, Pengguna Aktif RCTI+ Milik MNCN dan Vision+ Milik IPTV Terbesar di RI! 
Dua layanan OTT milik MNC Group, RCTI+ dan Vision+ berada di urutan pertama dan kedua dari jumlah pengguna aktif versi Comscore. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNews.id - Comscore merilis data terbaru mengenai jumlah pengguna aktif layanan Over the Top (OTT) selama Februari 2021 di Indonesia. Berdasarkan data tersebut, dua layanan OTT milik MNC Group berada di urutan pertama dan kedua, yaitu RCTI+ dan Vision+. 

Pertama, RCTI+ yang berada di bawah naungan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) berada di urutan nomor satu dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 19,81 juta Monthly Active User (MAU) pelanggan. 

Menurut Chief Operating Officer RCTI+ Helmi Balfas, RCTI+ merupakan layanan tak berbayar yang menyediakan kepada pelanggan akses menonton program acara televisi free-to-air (FTA), baik secara tunda maupun secara langsung (live). 

"Layanan OTT ini juga menyediakan informasi menyeluruh mengenai seluruh program-program acara televisi baik yang sudah tayang, sedang tayang, akan tayang, maupun yang belum akan tayang," ujarnya di Jakarta, Kamis (8/4/2021). 

Selain itu, imbuhnya, pelanggan dapat menonton semua tayangan televisi baik di RCTI, MNCTV, GTV maupun iNews di mana saja dan kapan saja. 

Kedua, Vision+ yang berada di urutan kedua dengan jumlah MAU sebanyak 11,77 juta. Jumlah ini tentunya sangat besar bila dibandingkan dengan kompetitor yang berada jauh di bawahnya. 

Vision+ yang berada di bawah naungan PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) ini merupakan layanan OTT berlangganan dan menyediakan kepada pelanggan akses menonton film, TV seri, dan live TV. Selain itu, Vision+ menghadirkan lebih dari 50 channel lokal, internasional, dan premium seperti tvN, tvN Movies, Thrill, Zee, dan lainnya serta ribuan jam film atau serial TV favorit keluarga Indonesia. 

Ketiga, platform Vidio.com berhasil meraih 8,73 juta MAU pada Februari lalu. Penyedia layanan OTT di bawah Emtek Group ini lebih mengedepankan serial atau konten-konten lokal. 

Keempat, Netflix. Layanan streaming yang menawarkan berbagai acara TV pemenang penghargaan, film, anime, dan dokumenter yang terhubung ke Internet ini memiliki 2,65 juta MAU.

Kelima, Viu. Platform streaming drama Korea VIU yang menyediakan beberapa drama lama atau terbaru dengan terjemahan bahasa Indonesia ini memiliki 2,48 juta MAU. 

Keenam, Iflix. Layanan video on demand (VOD) asal Malaysia ini memiliki MAU sebanyak 1,66 juta.

Ketujuh, Disney HotStar. Layanan streaming film dan serial milik perusahaan Walt Disney ini memiliki jumlah MAU sebanyak 1,57 juta

Editor : Rahmat Fiansyah