Layanan Check-in AirAsia dan Citilink Sudah Normal Kembali usai Microsoft Down

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan layanan check-in online untuk maskapai AirAsia dan Citilink sudah kembali normal. Sebelumnya, layanan sempat error karena sistem Microsoft down.
Menurut Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni, gangguan terjadi di beberapa sistem check-in milik beberapa maskapai seperti Citilink, Scoot Airlines, AirAsia dan Indigo. Sebab, layanan tersebut terhubung dengan provider sistem secara global.
"Namun hari ini, 20 Juli 2024 sistem navatier yang digunakan untuk pelayanan check-in tersebut telah kembali normal. Proses operasional pelayanan check-in sejak flight pertama baik Citilink maupun AirAsia sudah menggunakan sistem dan berjalan lancar," kata Kristi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/7/2024).
Pada saat gangguan, maskapai melakukan pelayanan proses check-in secara manual, membuka lebih banyak check-in counter hingga menghimbau para penumpang berangkat lebih awal.
Beberapa operator penerbangan seperti PT Angkasa Pura Indonesia, serta Airnav Indonesia tetap menjalankan operasional penerbangan dengan normal dan tidak terdapat gangguan.
Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Hubud memonitor perkembangan masalah tersebut dan melakukan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi termasuk memastikan penanganan penumpang dengan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) dan opsi pelayanan terbaik kepada penumpang.
Editor: Puti Aini Yasmin