Libatkan BPOM dan MUI, Erick Thohir Pastikan Vaksin Covid-19 Halal

Suparjo Ramalan ยท Selasa, 15 September 2020 - 13:15 WIB
Libatkan BPOM dan MUI, Erick Thohir Pastikan Vaksin Covid-19 Halal

Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Erick Thohir. (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Erick Thohir memastikan vaksin Covid-19 yang diproduksi tersertifikasi halal. Masyarakat diharapkan nantinya terlibat dalam imunisasi massal.

Erick telah mengirim tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Indonesia ke Uni Emirat Arab (UAE) untuk memastikan kehalalan vaksin. Saat ini, Kimia Farma tengah menjalani uji klinis vaksin Sinovac dengan perusahaan farmasi asal UAE, G42.

Selain itu, kata Erick, tim BPOM bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga akan dikirim ke China untuk tujuan yang sama pada Oktober mendatang.

"Kita juga pastikan vaksin ini halal dan sesuai standar kita. Oleh karena itu, kita kirim BPOM ke UAE dan insyaallah ke China, Oktober ini bersama MUI," ujar Erick di Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Keterlibatan MUI, kata dia, juga terjadi pada pengujian vaksin di Bandung. "Oleh karena itu, kemarin saya datang kepada Pak Wakil Presiden (Ma'ruf Amin), bahwa proses ini kita dukung dan kita jaga kehalalan vaksin," kata Menteri BUMN itu.

Editor : Rahmat Fiansyah