Link Net Diakuisisi XL Axiata, Grup Lippo: Bagian dari Strategi Konsolidasi dan Transformasi

Anggie Ariesta · Kamis, 27 Januari 2022 - 18:24:00 WIB
Link Net Diakuisisi XL Axiata, Grup Lippo: Bagian dari Strategi Konsolidasi dan Transformasi
Lippo Group menyebut akuisisi saham PT Link Net Tbk (LINK) oleh PT XL Axiata Tbk dan Grup Axiata Berhad bagian dari konsolidasi dan transformasi korporasi. (foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id - Lippo Group menyebut akuisisi saham PT Link Net Tbk (LINK) oleh PT XL Axiata Tbk dan Grup Axiata Berhad senilai Rp8,72 triliun merupakan bagian dari upaya konsolidasi dan transformasi korporasi.

Dari keterbukaan informasi, Grup XL Axiata telah sepakat dengan para pemegang saham LINK untuk melakukan akuisisi terhadap 1,81 miliar saham. Para pemegang saham LINK antara lain Asia Link Dewa Pte Ltd, dan Lippo Group melalui PT First Media Tbk (KBLV).

Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady mengatakan, aksi korporasi ini merupakan bagian dari strategi konsolidasi dan transformasi yang tengah dilakukan Perseroan, untuk terus memperkuat neraca dan mengumpulkan dana segar guna investasi masa depan lainnya.

"Kami menyambut baik tercapainya kesepakatan dalam aksi korporasi ini. Langkah ini menjadi upaya strategis kami dalam konsolidasi dan transformasi yang tengah kami lakukan," ujar John dalam keterangan tertulis, Kamis (27/1/2022).

Nilai transaksi pengambilalihan saham LINK oleh Grup XL Axiata mencapai sekitar Rp8,72 triliun, atau setara RM 2,54 miliar. Jumlah saham yang diakuisisi sekitar 66,03 persen dari jumlah saham disetor dan modal ditempatkan. 

John menegaskan bahwa LINK merupakan perusahaan yang memiliki prospek cerah. Terlebih lagi, entitas tersebut mencatatkan kinerja keuangan yang sehat, tampak dari nihilnya utang. Momen pandemi pun tak membuat goyah kinerja LINK. 

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: