Lion Air Group Tidak Lagi Gratiskan Biaya Bagasi, Ini Daftar Tarifnya

Rahmat Fiansyah ยท Sabtu, 05 Januari 2019 - 16:01 WIB
Lion Air Group Tidak Lagi Gratiskan Biaya Bagasi, Ini Daftar Tarifnya

Pesawat Lion Air. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Lion Air Group akan mengenakan tarif untuk bagasi para penumpang Lion Air dan Wings Air. Kebijakan ini akan diterapkan mulai Selasa (8/1/2019).

Lion Air Group sebelumnya menerapkan kebijakan kapasitas barang bawaan dan bagasi terdaftar gratis (free baggage allowance) untuk seluruh penerbangan maskapai. Lion Air diberlakukan bagasi gratis atau cuma-cuma 20 kilogram (kg) per penumpang sementara Wings Air 10 kg.

"Sebagai informasi, bila penumpang sudah membeli tiket sebelum 8 Januari 2019 tetap memperoleh bagasi cuma-cuma 20 kg untuk Lion Air dan 10 kg untuk Wings Air," kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, dikutip Sabtu (5/1/2019).

Untuk bagasi kabin, Danang menyebut tidak ada perubahan kebijakan yakni penumpang diperbolehkan membawa barang maksimal 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop, tas jinjing, dan sejenisnya. Bagasi kabin ini dihitung atas barang yang ditaruh di kompartemen atas tempat duduk dan di bawah tempat duduk penumpang.

"Penerbangan Lion Air Group juga memberlakukan bahwa beberapa barang yang diikat atau dibungkus jadi satu tidak akan dianggap sebagai satu buah bagasi kabin," ujar dia.

Danang menambahkan, penumpang yang membawa barang bawaan atau bagasi lebih 7 kg akan dikenakan biaya kelebihan bagasi sesuai tarif yang berlaku pada hari keberangkatan.

Lalu, bagaimana jika ingin memesan bagasi? Danang mengatakan, pengguna bisa membeli voucher bagasi (prepaid baggage) di website Lion Air, agen perjalanan (tour and travel), dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Dia menyarankan penumpang untuk memesan voucher bagasi bersamaan dengan pembelian tiket dengan batas waktu enam jam sebelum keberangkatan supaya harganya terjangkau.

Dikutip dari website Lion Air, biaya bagasi yang dikenakan bervariasi tergantung berat. Harga ini merupakan harga bagasi tambahan, sehingga bisa saja berbeda dengan prepaid baggage. Berikut daftarnya:

1. 5 kg: Rp155.000
2. 10 kg: Rp310.000
3. 15 kg: Rp465.000
4. 20 kg: Rp620.000
5. 25 kg: Rp775.000
6. 30 kg: Rp930.000


Editor : Rahmat Fiansyah