Lion Air Lapor Polisi Diisukan Rapid Test Tak Ambil Sampel Darah

Aditya Pratama ยท Kamis, 09 Juli 2020 - 09:55:00 WIB
Lion Air Lapor Polisi Diisukan Rapid Test Tak Ambil Sampel Darah
Rapid test Covid-19. (Foto: ilustrasi/iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Lion Air Group menepis kabar layanan rapid test Covid-19 kepada calon penumpang dilakukan tanpa mengambil sampel darah. Maskapai berlogo singa itu akan menyerahkan masalah tersebut kepada penegak hukum.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, informasi itu tidak benar, menyesatkan, dan menyudukan perusahaan. Lion Air telah mempelajari kabar tersebut.

"Lion Air Group akan memproses dan melaporkan kepada pihak kepolisian untuk menentukan kebenaran dari informasi yang berkembang tersebut," kata Danang lewat keterangan tertulis, Kamis (9/7/2020).

Dia menjamin pelaksanaan rapid test Covid-19 yang bekerja sama dengan Klinik Lion Air Medika dilakukan sesuai prosedur, mengikuti rekomendasi dari protokol kesehatan, dan diawasi tim medis secara ketat.

Danang menjelaskan, sama seperti pengambilan darah pada umumnya, petugas medis membersihkan area pengambilan darah dengan cairan antiseptik untuk mencegah infeksi atau membunuh kuman.

Kemudian, pengambilan darah dilakukan lewat jarum di ujung jari layaknya tes golongan darah. Darah yang diambil alias sampel diteteskan pada alat dan hasil rapid test bisa keluar dalam beberapa menit.

"Rapid Test Covid-19 tetap mempergunakan sampel darah dengan tujuan utama ialah mendeteksi kadar antibodi imunoglobulin terhadap virus dalam tubuh. Hal ini dilakukan sebagai skrining awal infeksi virus corona pada orang yang berisiko tinggi serta salah satu upaya Lion Air Group mencegah penyebaran Covid-19 dalam penerbangan," kata Danang.

Dia mengatakan, fasilitas rapid test Lion Air berdasarkan rekomendasi yang diberikan Gugus Tugas Covid-19 dan Surat Menteri Perhubungan.

Editor : Rahmat Fiansyah