Lukisan NFT Ridwan Kamil Dibeli Crazy Rich Bangka Rp45,9 Juta

Agung Bakti Sarasa · Sabtu, 15 Januari 2022 - 13:00:00 WIB
Lukisan NFT Ridwan Kamil Dibeli Crazy Rich Bangka Rp45,9 Juta
Caption: Lukisan NFT karya Gubernur Jabar Ridwan Kamil dibeli crazy rich Bangka seharga Rp45,9 juta. Foto: OpenSea

BANDUNG, iNews.id - Lukisan NFT atau non-fungible token Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil dibeli oleh crazy rich asal Bangka seharga Rp45,9 juta. 

Pembeli tersebut bernama Lanang Cikal Narendra. Dia mengunggah karya Kang Emil berjudul Pandemic Self Portait dalam akunnya di Instagram lewat Instastory. Lanang membeli karya tersebut di marketplace NFT OpenSea.

"Bismillah, yakin kalau karya Kang Emil pasti to the moon @ridwankamil," tulis pengusaha muda itu. 

Sementara dilihat di laman opensea.io, lukisan yang diunggah dalam galeri NFT Ridwan_Kamil_Collection itu terjual dengan harga 1 Ethereum (ETH) atau senilai 3.213,42 dolar AS atau setara Rp45,9 juta (kurs Rp14.300 per dolar AS).

Di dalam galeri itu juga dipajang lukisan karya Solihin, salah seorang pelukis di Jalan Braga, Kota Bandung. Lukisan tersebut juga telah melonjak lima kali lipat dari harga pasaran Rp500.000 menjadi 0,09 ETH atau setara Rp4,2 juta usai ditawarkan di OpenSea.

Selain itu, Kang Emil juga memajang lukisan hasil karya anak perempuannya, Zahra. Lukisan Zahra berjudul Famous Girl.

"This painting was made by my daughter which describes the women’s situation nowadays (Lukisan ini dibuat oleh anak perempuan saya yang menggambarkan situasi perempuan saat ini)," tulisnya.

Kang Emil sebelumnya memang memiliki rencana memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif untuk menjual karyanya dalam bentuk NFT. Dia pun berjanji menampung karya para seniman untuk dijual di akun NFT Pemprov Jabar.

"Kepentingan saya, ini cara baru, cuma orang merasa rumit. Maka saya akan buat cara membuat akun di bursanya dan dikoordinir saja oleh kita. Jadi bisa titip ke kita, enggak usah register lagi dan bayar lagi. Kita ibaratnya menyediakan wadah," tutur dia.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel: