Get iNews App with new looks!
inews
Advertisement
Aa Text
Share:
Read Next : Viral Admin X Whoosh Hina Patrick Kluivert, Ini Kronologinya
Advertisement . Scroll to see content

Mantap, Bantalan Rel Pertama Proyek KCJB Mulai Dipasang

Kamis, 30 Desember 2021 - 10:14:00 WIB
 Mantap, Bantalan Rel Pertama Proyek KCJB Mulai Dipasang
Pekerja PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai memasang bantalan rel pertama proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). (Foto: Istimewa)
Advertisement . Scroll to see content

JAKARTA, iNews.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan slab track atau bantalan rel pertama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dipasang.  

Presiden Direktur KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, mengatakan pemasangan slab track sebagai langkah awal untuk pengerjaan track layang di sepanjang trase KCJB. Pemasangan slab track pertama ini telah dilakukan di DK 32 arah Jakarta ke Bandung, pada Rabu (29/12/2021). 

“Saat ini sudah memasuki tahap pemasangan slab track atau bantalan rel untuk lintasan KCJB pertama di DK 32 arah Jakarta ke Bandung. Pemasangan slab track ini adalah salah satu milestone atau pencapaian besar bagi kami jelang penutupan tahun 2021,” kata Presiden Direktur KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi  dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal Indoensia, Kamis (30/12/2021).

Menurut dia, Pemasangan bantalan rel KCJB dilakukan oleh Sinohydro Bureau 8 Co Ltd yang merupakan salah satu kontraktor proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Pemasangan slab track KCJB akan dibagi ke dalam tiga seksi. Seksi 1 dari DK2 + 540 sampai DK 4 + 425, Seksi 2 dari DK 95 + 600 sampai DK 99 + 470 dan Seksi 3 dari DK 97 + 365 sampai DK 99 + 470. 

Pemasangan slab track KCJB Seksi 1 seluruhnya dikerjakan oleh Sinohydro. Kedepan, seluruh section akan dikerjakan serentak sebagai upaya percepatan pembangunan sampai seluruh slab track tersambung. 

“Pengerjaan slab track dibagi ke dalam tiga section yang dikerjakan secara serentak. Nantinya, slab track yang merupakan bagian dari ballastless track akan sambung menyambung dengan ballasted track hingga menjadi kesatuan trase KCJB," ujar Slamet. 

Dia menjelaskan, untuk memenuhi seluruh kebutuhan lintasan KCJB yang membentang hingga 142,3 km ini, akan ada 15.390 bantalan rel yang merupakan bagian dari ballastless track, yaitu sistem lintasan tanpa batuan ballast di sekitarnya. 

“Keunggulan slab track adalah memiliki stabilitas yang tinggi untuk memastikan standar kekuatan dan keamanan KCJB yang berakselerasi hingga kecepatan 350 km/jam. Bantalan yang digunakan KCJB diyakini mampu meneruskan beban dari atas secara merata. Slab track juga,” tutur Slamet. 

Editor: Jeanny Aipassa

Follow WhatsApp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut