Maskapai Ini Gantikan Susi Air di Hanggar Bandara Malinau Kaltara

azhfar muhammad ยท Kamis, 03 Februari 2022 - 17:20:00 WIB
Maskapai Ini Gantikan Susi Air di Hanggar Bandara Malinau Kaltara
Smart Air, maskapai yang gantikan Susi Air di hanggar Bandara Malinau Kaltara. Foto: Dok Smart Air

JAKARTA, iNews.id - Pesawat Susi Air di hanggar Bandara Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) digantikan maskapai Smart Aviation atau Smart Air

Direktur Smart Cakravala Aviation Atau Smart Air Winarso mengatakan, perusahaan telah meneken kontrak untuk menggantikan Susi Air mulai awal Januari 2022 di hanggar tersebut. 

“Untuk teknis harusnya kami sudah masuk di tahun 2022 awal Januari dan kami telah menekan kontrak. Memang Susi Air sudah habis masa kontraknya per 31 Januari 2021. Kami masuk di tahun 2022, bahkan kami sudah peringatkan, sebenarnya itu hanggar sudah harus dikosongkan,” kata dia daat dihubungi MNC Portal Indonesia, Kamis (3/2/2022). 

Menurutnya, Susi Air sampai awal Februari tidak ingin mengosongkan hanggar tersebut. Akibatnya, pemerintah daerah dan Satpol PP mengusir Susi Air.
 
“Untuk tempat hanggar itu milik dan aset pemda seluruhnya. Jadi dengan masalah itu, bukan di kami dan pemda punya hak memperpanjang atau tidak,” ujarnya. 

Sementara untuk tipe pesawat Smart Air yang akan dioperasikan di hanggar itu sama dengan maskapai Susi Air, yaitu Cessna Caravan. 

“Sama. Cuma permasalahan menyewa hanggar kita beli ke pemda, kita tanda tangan dan akhirnya kita menggunakannya,” ucap dia.

Untuk rute penerbangan, yakni Tarakan dan sekitarnya, Malino dan sekitarnya serta di kawasan Kalimantan. 

“Kita di Kalimantan ada hanggar sendiri, itu di Singkawang, terus di Papua ada hanggar sewa di Nabire. Timika juga ada, kita sewa juga dan kita menyewa hanggar di Malinau itu, untuk perusahaan niaga tak berjadwal. Tidak ada pengembangan rute, kita masuk di daerah perintis atau terpencil,” tutur Winarso. 

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda