Masuk Fase Uji Coba, Dua Kereta LRT Jabodebek Kembali Tiba di Cibubur

Suparjo Ramalan ยท Kamis, 08 April 2021 - 13:38:00 WIB
Masuk Fase Uji Coba, Dua Kereta LRT Jabodebek Kembali Tiba di Cibubur
Proyek Kereta Laju Raya Terpadu (LRT) Jabodebek tengah memasuki uji coba kereta untuk relasi Cibubur-Cawang. (Foto: ilustrasi/Ant)

JAKARTA, iNews.id - Proyek Kereta Laju Raya Terpadu (LRT) Jabodebek tengah memasuki uji coba kereta untuk relasi Cibubur-Cawang. Sebanyak dua rangkaian kereta (trainset) kembali tiba di Cibubur, Jakarta Timur dari Madiun, Jawa Timur.

VP Public Relations PT KAI (Persero), Joni Martinus mengatakan, persiapan aspek sarana dan prasarana LRT Jabodebek terus dilakukan agar bisa beroperasi tahun depan. Pada 3-4 April 2021, KAI telah mendatangkan dua trainset tiba di Stasiun Harjamukti, Cibubur.

Trainset 20 dan 21 itu dikirim dari pabrik PT Inka (Persero) di Madiun. Setiap trainset terdiri atas enam gerbong kereta. Sebelum dikirim, trainset ini telah melalui pengujian statis di Madiun dan akan melalui uji dinamis dari Cibubur ke Taman Mini.

"Proses pengiriman sarana berjalan baik, demikian pula dengan proses unloading-nya. Untuk berbagai tahapan ujinya kita harapkan berjalan lancar," kata Joni, Kamis (8/4/2021).

Dengan kedatangan dua trainset tersebut, kata Joni, maka kini ada 21 trainset yang diuji coba. Dia menyebut, LRT Jabodebek masih menanti 10 trainset lain yang saat ini masih dibangun Inka.

Kereta LRT Jabodebek memiliki lebar badan 2.650 mm dan tinggi atap kereta 3.685 mm, sedangkan lebar relnya 1.435 mm. Satu trainset mampu mengangkut 740 orang pada kondisi normal dan 1.308 penumpang pada kondisi padat dengan konfigurasi 174 penumpang duduk dan 566 penumpang berdiri.

"Sementara LRT ini memiliki kecepatan operasi maksimum 80 km per jam, dan kecepatan desain 90 km per jam," ucapnya.

Editor : Rahmat Fiansyah