Melanie Perkins Pendiri Canva Sukses Raih Kekayaan Ratusan Juta Dolar AS

Muhammad Aulia ยท Jumat, 10 Januari 2020 - 19:07 WIB
Melanie Perkins Pendiri Canva Sukses Raih Kekayaan Ratusan Juta Dolar AS

Cofounder & CEO Canva, Melanie Perkins. (Foto: CNBC)

SYDNEY, iNews.id - Cofounder & CEO Canva, Melanie Perkins menjadi salah satu bos unicorn termuda di dunia. Berusia 32 tahun, Perkins ditaksir memiliki kekayaan 177 juta dolar AS lewat aplikasi desain online yang didirikan bersama rekannya, Cliff Obrecht.

Canva baru-baru ini memperoleh pendanaan sekitar 85 juta dolar AS, sehingga membuat valuasi perusahaan menembus 3,2 miliar dolar AS.

Kesuksesan yang diraih oleh Perkins bukan hal yang mudah. Jalan berliku dan mendaki harus dilalui perempuan berdarah Australia dan Filipina itu sejak memulai bisnis pada usia 19 tahun.

"Saya pikir sebelumnya bisa sukses dalam waktu dua tahun... sehingga kita bisa menuntaskan visi secara keseluruhan. Saya merasa tidak semudah itu," kata Perkins, dikutip dari CNBC, Jumat (10/1/2020),

Perjalanan bisnis Canva, kata dia, dilalui dengan berbagai macam uji coba seperti salah memulai, menerima penolakan, hingga menghadapi kesulitan dana.

"Ini hasil kerja kerja. Ini sulit tentu saja bagi semua orang. Mereka yang mencoba pasti akan mengalami kesalahan, kesengsaraan, dan penolakan," ucapnya.

Menurut Perkins, kesuksesan dalam dunia startup tidak datang begitu saja. "Semua ini membutuhkan banyak waktu, energi, dan usaha. Tapi itulah bagian yang tak terpisahkan dari itu saya kira," tuturnya.

Namun, seluruh kerja keras dan kesabaran Perkins kini terbayar. Pendanaan terbaru yang diraih Canva membuat perusahaan bisa memangkas harga layanan premium, yaitu Canva Pro dan Canva for Enterpriese. Hal ini membuat Canva selangkah lagi berkompetisi dengan aplikasi desain profesional seperti Microsoft dan Adobe.


Editor : Rahmat Fiansyah