Menhub Jamin Kepulangan Jemaah Indonesia yang Umrah di Arab Saudi

Aditya Pratama ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 21:35:00 WIB
Menhub Jamin Kepulangan Jemaah Indonesia yang Umrah di Arab Saudi
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat berbincang dengan calon jemaah umrah yang belum bisa berangkat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (27/2/2020). (Foto: Humas Kemenhub)

TANGERANG, iNews.id - Arab Saudi menutup akses keluar masuk warga asing, termasuk Indonesia, untuk mencegah penyebaran virus korona COVID-19. Keputusan tersebut berdampak signifikan terhadap jemaah umrah, baik yang sudah berangkat maupun yang hendak berangkat ke Tanah Suci.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan, maskapai bertanggung jawab penuh terhadap jemaah umrah yang tengah beribadah di Arab Saudi. Kepulangan mereka dijamin.

"Kita pastikan maskapai bertanggung jawab menjemput kepulangan jamaah kita yang ada disana. Jadi itu tidak masalah,” kata Menhub di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (27/2/2020).

Sementara bagi jemaah yang baru tiba di Arab Saudi, kata dia, pemerintah berkoordinasi dengan otoritas Saudi agar bisa mendarat dan diizinkan untuk menjalankan umrah.

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) itu prihatin dengan calon jemaah umrah yang belum bisa berangkat ke Tanah Suci. Dia mengatakan, mereka yang berada di Bandara Soetta telah ditangani dengan baik oleh agen perjalanan masing-masing.

Tercatat, ada sekitar 1.200 calon jemaah umrah di Bandara Soetta. 500 di antaranya sudah terbang ke Arab Saudi dan 700 belum bisa berangkat. Hingga pukul 19.00, sebanyak 90 persen calon jemaah yang belum bisa berangkat sudah diantara kembali ke kota asalnya.

"Saya tadi bertemu jemaah dari Palembang, hari ini dipulangkan dengan pesawat ke Palembang. Begitupun dari Yogyakarta juga pulang hari ini, kemudian yang dari Temanggung disediakan bus untuk pulang hari ini. Jadi saya apresiasi agen perjalanan yang bertanggung jawab ini,” tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda