Menko Airlangga: Indonesia Dapat Harga Vaksin Covid-19 5-10 Dolar AS

Michelle Natalia · Rabu, 26 Agustus 2020 - 22:25:00 WIB
Menko Airlangga: Indonesia Dapat Harga Vaksin Covid-19 5-10 Dolar AS
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Humas Setkab)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah memastikan vaksin Covid-19 memiliki harga yang terjangkau. Pasalnya, Indonesia membuka akses vaksin seluas mungkin kepada berbagai lembaga.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia memperoleh akses vaksin dari GAVI yang mendukung Koalisi Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI). Lembaga penelitian vaksin yang didanai oleh Bill Gates itu bekerja sama dengan perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca.

"Pemerintah Indonesia akan memperoleh vaksin sebagai public goods dengan harga di rentang 5 hingga 10 dolar AS (Rp75.000-Rp150.000) melalui GAVI/CEPI," ujarnya di Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Selain itu, kata Airlangga, pemerintah lewat PT Bio Farma (Persero) bekerja sama dengan Sinovac, perusahaan China. Dari kerja sama, kata dia, produksi vaksin bisa mencapai puluhan juta.

"Kita berharap bahwa sampai dengan akhir tahun kita bisa mempunyai akses terhadap 30 juta vaksin produksi di Biofarma. Ini merupakan inisiatif yang paling depan,” katanya.

Dia melanjutkan, saat ini uji klinis tahap ketiga vaksin Covid-19 dari Sinovac sedang berlangsung di Bandung.Uji klinis ditargetkan bisa selesai akhir tahun.

Selain itu, kata dia, uji klinis tahap ketiga juga dilakukan antara PT Kimia Farma (Persero) Tbk dengan Wuhan Institute Biological Products di Uni Emirat Arab (UEA)

“Selain itu, kerja sama juga dilakukan antara Kalbe dengan Genexine Korea. Berbagai vaksin ini diharapkan dapat untuk memastikan Covid-19 ini dapat dihentikan atau dimitigasi,” tuturnya.

Editor : Rahmat Fiansyah