Menko Airlangga Ingatkan Masyarakat Bersiap Hadapi Puncak Kasus Omicron

Anggie Ariesta ยท Minggu, 16 Januari 2022 - 18:45:00 WIB
Menko Airlangga Ingatkan Masyarakat Bersiap Hadapi Puncak Kasus Omicron
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ingatkan masyarakat bersiap hadapi puncak kasus Omicron. Foto: Kemenko Perekonomian

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengingatkan masyarakat harus bersiap menghadapi puncak kasus Omicron. Pemerintah memperkirakan, puncak kasus Omicron terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 2022.

"Saya hanya memberi catatan bahwa masyarakat perlu bersiap-siap dan juga perlu terus menjaga protokol dan karena puncak dari kasus ini diperkirakan masih akan terus berbasis berbagai negara dalam 40 hari ke depan," kata dia dalam keterangan pers, Minggu (16/1/2022).

Jika dilihat dari jumlah kasus aktif sejak 8 hingga 15 Januari 2022 dari 8.683 kasus, kontribusi luar Jawa Bali sebanyak 194 kasus atau 23 persen.

"Kemudian dari jumlah kematian juga terkait per tanggal 15 di luar Jawa-Bali ada 69, transmisi lokal 66, imported case 3," ujarnya.

Terkait dengan perpanjangan penerapan Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa-Bali, Airlangga mengatakan, kriterianya berdasarkan level assessment dan juga capaian vaksinasi yang dosisnya pertama di bawah 50 persen kenaikan satu level, sehingga perpanjangan dilakukan 14 hari ke depan, yaitu 13-18 Januari 2022.

Dengan komposisi jumlah kabupaten/kota PPKM Level 1 menjadi 238 kabupaten/kota, meningkat dari sebelumnya 227 kabupaten/kota, kabupaten/kota Level 2 turun menjadi 138 kabupaten/kota dari 148 kabupaten/kota. Itu karena sudah bergeser ke Level 1 dan dengan PPKM level 3 tinggal 10 kabupaten/kota dan di Level 4 nihil kabupaten/kota.

"Selanjutnya kami juga akan menyampaikan terkait dengan arahan bapak presiden bahwa terkait dengan vaksin itu dipersiapkan, baik vaksin Merah Putih maupun vaksin yang berproduksi di dalam negeri, di mana akan dipersiapkan untuk pertengahan tahun ini atau yang diperkirakan di semester II," tutur Airlangga.

Editor : Jujuk Ernawati

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda