Mentan Sebut Persediaan Cabai hingga Kedelai Cukup hingga Akhir Tahun

Iqbal Dwi Purnama ยท Senin, 19 September 2022 - 15:05:00 WIB
Mentan Sebut Persediaan Cabai hingga Kedelai Cukup hingga Akhir Tahun
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, ketersediaan cabai, bawang, hingga Kedelai masih cukup hingga akhir tahun. (Foto: Iqbal Dwi Purnama/MPI)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, ketersediaan cabai, bawang, hingga Kedelai masih cukup hingga akhir tahun. Menurutnya, persediaan tidak berpengaruh terhadap kondisi geopolitik karena komoditas tersebut masih ditopang dari impor.

"Neraca produktivitas yang ada, baik kedelai maupun cabai dan bawang merah secara umum seperti apa yang kami sampaikan laporkan dari data kita dan faktualisasi lapangan, sampe 2022 akhir desember ini, Insya Allah semua neraca produktivitas dan ketersediaan kita adalah cukup," ujar Syahrul dalam konferensi pers usai ratas bersama presiden, Senin (19/9/2022).

Mentan menambahkan, dirinya diperintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan penanaman tambahan, baik untuk kedelai, cabai, bawang, dan utamanya pada produk komoditas yang masih impor, sehingga bisa menekan belanja impor dan bisa membeli komoditas milik petani.

"Kesimpulan yang ada adalah mengharapkan BUMN dapat membeli semua produktivitas yang ada sehingga negara betul-betul bisa menjamin, tidak membiarkan begitu saja (petani)," kata dia.

Syahrul mengatakan, pihaknya bakal melakukan intervensi pasar untuk menjaga harga-harga komoditas pertanian ini tidak mengalami kenaikan yang signifikan ditengah isu inflasi dari kenaikan harga BBM.

"Artinya kita berharap tidak hanya berharap produktivitasnya cukup, tetapi harganya dapat tetap dijaga untuk bisa dikendalikan dengan baik," tuturnya.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda