Mentan Syahrul Yasin Limpo Lepas Ekspor Buah Merah dari Sorong ke Rep Ceko

Chanry Andrew Suripatty ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 21:42 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo Lepas Ekspor Buah Merah dari Sorong ke Rep Ceko

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) melepas ekspor hasil pertanian di Kota Sorong, Papua Barat, Rabu (26/2/2020). (Foto: Antara).

SORONG, iNews.id - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo optimistis komoditas pertanian dari Papua Barat akan terus meningkat. Tidak hanya mencukupi kebutuhan dalam negeri, komoditas andalan itu juga akan terus mengisi pasar mancanegara.

Optimisme Mentan disampaikan saat melepas ekspor komoditas pertanian dari Sorong, Papua Barat menuju Republik Ceko. Komoditas ini akan dikirim melalui Surabaya, Jawa Timur.

Komoditas pertanian andalan tersebut antara lain buah merah, sarang semut, pala biji, pala bunga dan palm kernel dengan berat total 162 ton. Selain Ceko, komoditas ini juga akan memasok kebutuhan Surabaya dan sekitarnya.

Pelepasan ditandai dengan acara pemecahan kendi oleh Mentan bersama Gubernur Papua Barat Dominggus Mandhacan, Rabu (26/2/2020). Mentan mengungkapkan kebanggaannya atas pelepasan ekspor tersebut.

”Bahwa resonansi ekspor yang dijalankan oleh Kementerian atas perintah Bapak Presiden sudah dilakukan semua oleh provinsi. Dan Papua Barat juga siap walapun katakanlah jumlahnya belum triliunan, tetapi ini memberikan sebuah keyakinan bagi kita bahwa ada produk-produk komoditas di Papua Barat dan seluruh indonesia yang diminati dunia,” kata Mentan.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini menuturkan, komoditas pertanian dari Papua Barat banyak yang siap ekspor dan tidak dimiliki oleh negara lainnya. Karena itu, tinggal kerja sama pemerintah dan instansi terkait lebih intensif sehingga ekspor hasil pertanian ini dapat terus meningkat.

Mentan sekaligus berharap agar kegiatan ekspor dari Papua Barat ini yang terakhir dilakukan melalui daerah lain. Ke depannya, ekspor tidak lagi melalui Tanjung Perak Surabaya atau Tanjung Priok, Jakarta, namun harus dapat dilakukan langsung dari Sorong.

"Masih banyak potensi Papua Barat yang bisa dioptimalkan. Peran teknologi modern dan investasi diharapkan bisa mengakselerasi peningkatan ekspor komoditas pertanian baik dari Manokwari atau Sorong," katanya.

Dalam kunjungannya ini, selain melepas ekspor Mentan bersama jajaran muspida Papua Barat juga bertatap muka dengan para petani se-Sorong Raya. Para petani menyampaikan aspirasi dan harapannya terkait dengan kebijakan-kebijakan bidang pertanian.

Editor : Zen Teguh