Menteri Trenggono Fokus Ekspor Udang, Lobster, dan Rumput Laut

Antara ยท Rabu, 03 Maret 2021 - 07:28:00 WIB
Menteri Trenggono Fokus Ekspor Udang, Lobster, dan Rumput Laut
Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: KKP)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) fokus mendorong ekspor komoditas yang bernilai ekonomi tinggi. Oleh karena itu, pengembangan lewat budidaya terus ditingkatkan.

"KKP fokus pada produk ekspor komoditas unggulan Indonesia yang memiliki nilai ekonomi tinggi, yaitu udang, lobster dan rumput laut," kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Rabu (3/3/2021).

Menurut dia, komoditas udang dipilih menjadi prioritas karena ekspor tahun lalu cukup tinggi. Volume ekspor udang pada 2020 mencapai 239.227 ton dengan nilai 2,04 miliar dolar AS.

Untuk peningkatan produksi dan ekspor udang, kata Trenggono, KKP akan memfasilitasi pengembangan shrimp estate yakni sistem budidaya dengan skala intensif,dengan target produksi berkisar 40 ton per hektare dalam setahun.

Selain udang, Trenggono menilai, lobster juga sangat potensial untuk dikembangkan. Pada 2020, volume ekspornya mencapai 2.022 ton dengan nilai 75,25 juta dolar AS.

"Lobster dikembangkan melalui korporasi budi daya yang diharapkan dampaknya dapat menyentuh masyarakat, salah satu strategi yang dilaksanakan adalah membuat suatu model kawasan budidaya lobster," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2