Menteri Siti Nurbaya Minta Penghijauan di Ibu Kota Negara Baru Segera Dilakukan

Antara ยท Minggu, 04 April 2021 - 13:20:00 WIB
Menteri Siti Nurbaya Minta Penghijauan di Ibu Kota Negara Baru Segera Dilakukan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar saat meninjau lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (3/4/2021). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menyatakan, Ibu Kota Negara (IKN) baru akan mengusung konsep pembangunan yang bernuansa lingkungan hijau dan modern (Green Smart City). Pembangunan nantinya tidak akan merusak kawasan hutan lindung.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar meminta jajarannya untuk segera melakukan persemaian dan penghijauan dengan berbagai jenis tanaman kayu kering dan asli.

“Kapasitas produksi bibit yang direncanakan akan meliputi bibit tanaman hutan seperti tanaman kayu, multi-purpose tree species, dan tanaman endemik," kata Siti Nurbaya saat berkunjung ke lokasi IKN di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur dikutip Minggu (4/4/2021).

Menurutnya, penghijauan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa IKN baru harus dibangun dengan mempertimbangkan aspek lingkungan dan menjaga hutan (forest city). 

Dalam kesempatan itu, dia juga meninjau progres IKN seluas 120 hektare yang juga mencakup  Kawasan Hutan Produksi Mentawir pada areal IUPHHK-HTI PT Inhutani 1. Dia ingin penghijauan dilakukan dengan kayu keras yang cepat tumbuh sekaligus mengantisipasi potensi kebakaran hutan.

Editor : Rahmat Fiansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda