Menyerah, Warren Buffett Jual 31 Bisnis Koran Senilai Rp1,8 T

Rahmat Fiansyah ยท Kamis, 30 Januari 2020 - 23:01 WIB
Menyerah, Warren Buffett Jual 31 Bisnis Koran Senilai Rp1,8 T

Warren Buffett. (Foto: AFP)

OMAHA, iNews.id - Warren Buffett, salah satu orang terkaya di dunia, menyerah berbisnis koran. Dia sepakat menjual seluruh portofolio bisnis koran yang dimiliki oleh Berkshire Hathaway (BH).

Dikutip dari Forbes, Kamis (30/1/2020), Buffett sepakat menjual 31 bisnis koran lokal BH kepada Lee Enterprises. Penjualan itu disepakati secara tunai senilai 140 juta dolar AS atau sekitar Rp1,8 triliun.

Transaksi penjualan tersebut diperkirakan rampung pada pertengahan Maret 2020. Buffett yang selama ini yakin dengan bisnis media cetak akhirnya menyerah dengan melepaskan statusnya sebagai salah satu raja media di AS.

Portofolio pertama BH di industri media cetak yaitu saat Buffett mengakuisisi The Buffalo News pada 1977. Sejak saat itu, dia secara agresif membeli banyak bisnis koran, baik harian maupun mingguan. Buffett menyatukan seluruh bisnis koran BH dalam satu divisi yang disebut Berkshire Hathaway Media Group (BHMG).

Buffett menjual seluruh bisnis korannya dalam posisi rugi. Dia membeli The Buffalo News senilai 36 juta dolar AS. Adapun 30 koran lain diakuisisi dengan nilai 344 juta dolar AS.

Sebelum menjualnya kepada Lee Enterprises, Buffett telah meminta perusahaan itu untuk menangani Berkshire Hathaway Media Group selama 18 bulan.

"Sahabat saya Charlie Munger dan saya mengenal dan mengagumi perusahaan Lee selama lebih dari 40 tahun. Kinerja mereka saat menangani BH (Berkshire Hathaway) koran sangat luar biasa," kata Buffett.

Lee Enterprises kini menguasai 81 koran di AS. Perusahaan berbasis di Iowa tersebut juga memperoleh fasilitas pinjaman dari Berkshire Hathaway senilai 576 juta dolar AS dengan suku bunga 9 persen. Pinjaman itu akan digunakan sebagai untuk membeli koran dari Berskhire dan melunasi utang-utang Lee Enterprises.

Perusahaan tersebut optimistis akuisisi itu bakal mendongkrak jumlah pelanggan dua kali lipat sehingga pendapatan tahunan bisa meningkat dari 20 juta dolar AS menjadi 25 juta dolar AS.


Editor : Rahmat Fiansyah