Milenial Mulai Lirik Sektor Pertanian, Kementan dan Kemenparekraf Kembangkan Agroecotourism

Iqbal Dwi Purnama ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:52:00 WIB
Milenial Mulai Lirik Sektor Pertanian, Kementan dan Kemenparekraf Kembangkan Agroecotourism
Generasi milenial semakin banyak yang melirik sektor pertanian dan mengembangkannya menjadi agroecotourism. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengembangkan agroecotourism. Hal itu seiring dengan semakin banyak milenial yang melirik dan berbisnis di sektor pertanian.

Kepala Biro Humas Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga, mengatakan saat ini pertanian di Indonesia semakin berkembang seiring dengan makin banyak generasi muda yang masuk ke sektor ini.

Dampaknya, jika dulu sektor pertanian hanya dimanfaatkan dari hasil komoditasnya, maka saat ini mulai dikembangkan ke arah lifestyle, kuliner atau agro tourism.

"Kita dengan Kemenparekraf, sudah berkomunikasi termasuk dengan pak Menteri sudah saling berkomunikasi, untuk memperkuat Agroecotourims, itu bisa dilanjutkan lebih jauh dengan PKS (Perjanjian Kerja Sama)," ujar Kuntoro Boga, dalam dalam webinar Bakohumas, Kesiapan Menghadapi Krisis Pangan secara virtual, Rabu (10/8/2022).

Menurut dia, sektor pertanian di Indonesia memiliki potensi yang cukup kuat untuk dikembangkan. Hal itu dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.

Jika sebelumnya petani hanya memanfaatkan hasil komoditas pertanian, maka dengan kerja sama yang dilakukan Kementan dan Kemenparekraf sektor pertania  juga bisa dimanfaatkan untuk sektor pariwisata.

Dengan demikian, para petani diharapkan bisa meningkatkan pendapatan, bukan hanya dari hasil penjualan komoditas yang dihasilkan, namun juga dari pengembangan agroecotourism.

"Bagaimana agroecotourism ini bisa menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan petani, bagaiamana meningkatan pertanian kita, yang tadinya pertanian kita dari tradisional menjadi modern," tutur Kuntoro.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda