Miliarder Mukesh Ambani dan Mark Zuckerberg Kolaborasi Luncurkan Layanan Pengiriman Bahan Makanan via WhatsApp

Jeanny Aipassa ยท Kamis, 01 September 2022 - 21:27:00 WIB
Miliarder Mukesh Ambani dan Mark Zuckerberg Kolaborasi Luncurkan Layanan Pengiriman Bahan Makanan via WhatsApp
Mukesh Ambani dan Mark Zuckerberg. (Foto: dok iNews)

NEW DELHI, iNews.id - Miliarder Mukesh Ambani dan Mark Zuckerberg menjalin kerja sama layanan pengiriman bahan makanan di seluruh India melalui anak perusahaan mereka. 

Kerja sama itu, dilakukan JioMart dengan Whatsapp. JioMart adalah aplikasi dari Reliance Industries milik Mukesh Ambani. Sedangkan Whatsapp adalah aplikasi dari Meta milik Marzk Zuckerberg. 

Kolaborasi ini memungkinkan pembeli untuk menelusuri belanjaan JioMart, memesan dan melakukan pembayaran melalui WhatsApp. Kemitraan ini dimulai pada tahun 2020 ketika Facebook menginvestasikan hampir 6 miliar dolar AS untuk saham minoritas di Jio Platforms.

“Visi kami adalah untuk mendorong India sebagai masyarakat digital terkemuka di dunia. Ketika Jio Platforms mengumumkan kemitraan kami pada tahun 2020, Mark dan saya berbagi visi untuk membawa lebih banyak orang dan bisnis online dan menciptakan solusi yang benar-benar inovatif,” kata Mukesh Ambani, dalam pernyataan yang dikutip Forbes. 

Reliance Industries memperluas platform e-commerce grup, sambil membangun infrastruktur selulernya di seluruh India. Reliance Jio Infocomm—operator seluler No. 1 di negara itu dengan lebih dari 380 juta pengguna—berencana untuk menginvestasikan 2 triliun rupee (25 miliar dolar AS) untuk meluncurkan layanan 5G di negara terpadat kedua di dunia.

Mukesh Ambani (65) secara aktif membangun kerajaan bisnisnya bahkan ketika dia secara bertahap menyerahkan tongkat estafet kepada anak-anaknya. Pada bulan Juni, ia mengundurkan diri dari posisinya sebagai ketua dan direktur Reliance Jio. 

Sementara putra sulungnya, Akash (30), memimpin operator seluler, Ambani tetap menjadi ketua Jio Platforms, perusahaan induk dari Reliance Jio yang memiliki semua merek layanan digital Jio.

Dengan pendapatan tahunan sebesar 105 miliar dolar AS, Reliance Industries berada di peringkat No. 54 dalam daftar Forbes 2022 Top Global 2000. 

Dimulai sebagai produsen tekstil kecil, bisnis perusahaan telah berkembang mencakup petrokimia, minyak dan gas, telekomunikasi, ritel, material, hiburan, dan layanan digital. 

Mukesh Ambani akhir-akhir ini telah memperluas jejak bisnisnya di luar negeri, seperti akuisisi hotel Mandarin Oriental di New York. Memiliki kekayaan bersih 94,3 miliar dolar AS, Mukesh Ambani adalah taipan terkaya kedua di India, menurut data real-time Forbes.

Editor : Jeanny Aipassa

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda