MNC Digital Entertainment Bukukan Laba Bersih Rp306 Miliar di Semester I-2024
JAKARTA, iNews.id - PT MNC Digital Entertainment Tbk (IDX: MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (IDX: “MNCN”), melaporkan pendapatan sebesar Rp1.637 miliar pada semester pertama tahun 2024. Angka ini turun 6 persen yoy dari Rp1.736 miliar pada periode yang sama tahun lalu.
Namun, secara QoQ, Perseroan mencapai peningkatan pendapatan sebesar 15 persen, naik dari Rp761 miliar pada Q1-2024 menjadi Rp876 miliar pada Q2-2024.
Pendapatan Pada H1-2024, pendapatan Perseroan dari lini konten, IP, dan talent turun 5 persen yoy menjadi Rp884 miliar. Penurunan ini terjadi terutama disebabkan oleh berkurangnya jumlah slot yang tersedia untuk konten MSIN pada jam tayang prime-time di FTA TV MNCN, yang bertepatan dengan dimulainya EURO 2024 pada bulan Juni.
Pendapatan Konten, IP, dan Talent Pendapatan iklan digital turun sebesar 19 persen yoy menjadi Rp654 miliar, dipengaruhi oleh kondisi makroekonomi yang secara langsung mempengaruhi belanja iklan di platform digital di Indonesia. Namun, terdapat peningkatan pendapatan iklan digital sebesar 32 persen QoQ, naik dari Rp372 miliar pada Q1-2024 menjadi Rp654 miliar pada Q2-2024.
Pendapatan berlangganan
Pendapatan berlangganan mencapai Rp189 miliar pada Q2- 2024, meningkat 51 persen YoY dari tahun sebelumnya. Secara QoQ, pendapatan berlangganan tumbuh sebesar 45 persen. Pertumbuhan ini didorong oleh pilihan konten olahraga berkualitas tinggi, termasuk beragam pertandingan sepak bola tim nasional Indonesia, RCTI Premium Sports, dan EURO 2024. Untuk H1- 2024, pendapatan berlangganan meningkat sebesar 28 persen YoY, naik dari Rp249 miliar menjadi Rp320 miliar.