MNC Digital Entertainment (MSIN) Cetak Pendapatan Rp824 Miliar di Kuartal I 2023
Iklan digital tumbuh 4 persen YoY menjadi Rp385 miliar, ini terutama didorong oleh eksekusi yang tepat dari semua platform digital perseroan, penghasilan iklan yang luar biasa di semua saluran media sosial MSIN, serta pencapaian pendapatan yang kuat dari jaringan MCN Perseroan. Perkembangan positif ini menunjukkan posisi yang menjanjikan bagi MSIN untuk terus memanfaatkan peluang yang berkembang untuk pasar digital di Indonesia.
Untuk pendapatan berlangganan pada kuartal I 2023 tetap di level yang sama, yaitu Rp124 miliar. Meski demikian pendapatan berlangganan meningkat 17 persen secara QoQ dari Rp106 miliar pada kuartal IV 2022.
Sementara itu, beban langsung MSIN turun 12 persen (YoY) menjadi Rp519 miliar. Ada dua komponen yang memengaruhi penurunan tersebut. Pertama sebagian besar karena berkurangnya permintaan konten dari TV FTA MNCN, yang pada akhirnya mengurangi produksi konten perseroan. Kedua, dari peningkatan dalam efisiensi pada kegiatan produksi, melalui beberapa serial drama yang sudah mulai di produksi di Movieland.
Sedangkan EBITDA perseroan turun 11 persen YoY menjadi Rp222 miliar, mewakili margin EBITDA sebesar 27 persen. MSIN membukukan laba bersih sebesar Rp109 miliar untuk kuartal I 2023, turun 23 persen YoY dibandingkan tahun lalu, ini disebabkan oleh efek turunan dari ASO.
Terkait dengan konten, MSIN memiliki hak pustaka digital untuk 300.000 jam konten MNC Media. Ini dapat dimonetisasi oleh MSIN melalui beberapa cara, termasuk menjualnya ke pihak ke-3, menyediakan aliran linier dan konten VOD melalui aplikasi superapp perseroan, dan monetisasi media sosial di antara banyak hal lainnya.