MNCN Catat Peningkatan Signifikan Pangsa Belanja Iklan di TV FTA pada Kuartal III 2021
JAKARTA, iNews.id - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mencatat peningkatan signifikan pangsa belanja iklan di TV FTA, yakni sebesar 51 persen pada kuartal III 2021, dibandingkan 39 persen di kuartal III 2020.
Slot Prime Time masih merupakan penyumbang pendapatan terbesar bagi MNCN. Hal tersebut menyebabkan Perseroan selalu mengutamakan dan mencadangkan sebagian besar program berkualitasnya untuk periode 5 jam/hari yang menyumbangkan 56 persen dari pendapatan di kuartal III 2021.
MNCN juga mencatat pangsa pemirsa di slot All Time sebesar 45,2 persen dan 52,8 persen pangsa pemirsa di slot Prime-Time sampai dengan Oktober 2021. Pangsa pemirsa mengalami sedikit penurunan pada kuartal III 2021 dibandingkan kuartal II 2021, dikarenakan telah berakhirnya EURO 2020 yang ditayangkan MNCN.
Meski demikian, pada kuartal III 2021, TV FTA masih mencatat 45,7 persen di pangsa pemirsa untuk slot All Time dan 53,7 persen di slot Prime-Time, yang sejauh ini memimpin kinerja industri secara signifikan.
Dari sisi pemrograman konten, MNCN berhasil mempertahankan dominasinya dengan menorehkan 18 dari 20 program terbaik sampai dengan Oktober 2021.
Hal tersebut membuktikan bahwa perseroan berada di posisi tertinggi sebagai pemimpin industri dalam 7 genre pemrograman utama, baik program reguler maupun program khusus, yakni drama, pencarian bakat, animasi, infotainment, online blocking program, berita, dan acara awards.
Menurut Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, kunci keberhasilan stasiun televisi terletak pada kinerja yang konsisten dari program regulernya, serta dilengkapi dengan program-program yang memiliki daya pendapatan yang lebih tinggi, seperti pencarian bakat, awards program, anniversary, blocking program, diantara banyak program lainnya.
“Kami sangat senang dan diberkati atas kinerja dari TV FTA dan konten kami di sepanjang tahun ini. Di tengah periode pandemik saat ini, tim kami telah bekerja keras di setiap harinya untuk terus memproduksi konten-konten unggulan dan terbaik di pasar, baik program reguler maupun program special, secara konsisten selama lebih dari 1 tahun," kata Hary Tanoesoedibjo, dalam keterangan, Rabu (3/11/2021).
Dia menjelaskan, MNCN juga telah diuntungkan dengan adanya fasilitas indoor canggih yang memungkinkan produksi special program dengan struktur biaya produksi yang rendah dan juga memungkinkan fleksibilitas dalam penjadwalan syuting.
Pada kuartal III 2021, special program memberikan kontribusi 20 persen dari pendapatan Perseroan, meskipun hanya bertanggung jawab untuk mewakili kurang dari 10 persen dari total output penyiaran MNCN untuk periode tertentu, yang menunjukkan potensi besaran pendapatan yang dapat diperoleh per jamnya.
"Memasuki kuartal IV 2021, saya sangat yakin kami dapat mempertahankan pencapaian ini. Dan saat ini kami sedang menyusun pipeline program strategis memasuki tahun 2022 dan saya optimis bahwa Perseroan akan terus dapat mempertahankan dominasinya,” ujar Hary Tanoesoedibjo.
Selama bertahun-tahun, MNCN terus berinvestasi dan menyusun strategi penting untuk konten yang diproduksi sendiri maupun konten orisinil, yang memiliki banyak keuntungan.
Salah satunya adalah dengan memperluas inventory iklan Perseroan melalui penempatan iklan yang berada di dalam konten atau iklan non-reguler, baik dalam bentuk built in, iklan virtual, running text maupun format lainnya.
Konfigurasi ini telah terbukti bermanfaat bagi dominasi MNCN dalam pangsa belanja iklan FTA di sepanjang tahun ini. Pada kuartal III 2021, iklan non-reguler berhasil mencapai 27 persen dari total pendapatan non-digital perseroan.
Editor: Jeanny Aipassa