Mulai Usaha dari Dapur Rumah, Perempuan Ini Sukses Punya Pabrik Risoles
JAKARTA, iNews.id - Kegagalan dalam berbisnis bukan lah akhir dari bisnis tersebut. Ini adalah prinsip yang dipegang oleh pemilik bisnis makanan dengan merek Risollaku Winery Nisasuci.
Siapa sangka, tangan dingin Winery dalam berbisnis sudah dimulai sejak SMP, ketika dirinya harus memutar otak untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya karena keadaan orang tua yang berpisah. Dia menuturkan, bisnis risoles miliknya sudah menjadi bisnis kedua yang ditekuninya.
"Awalnya itu saja buka bisnis fashion pakaian muslim yang sudah saya lakukan sejak SMA, karena sejak itu saya mengetahui bahwa passion saya adalah produksi, yakni membuat suatu barang dan menjualnya," ujar Winery dikutip dari YouTube JagaLilin, Selasa (11/7/2023).
Dia menambahkan, brand fashion-nya saat itu sudah dikenal banyak orang dan terbilang sukses. Namun sayang, bisnisnya terpaksa berhenti karena anak bungsunya yang memiliki alergi terhadap kain.
"Hal ini yang membuat saya berhenti menjahit di 2008, karena bagi saya keluarga adalah yang utama," kata dia.
Dikala rehat usai menutup bisnis fashion-nya, Winery kemudian melihat peluang saat bekal anaknya yang berupa risoles mulai digemari oleh teman-temannya. Dirinya yang menyadari peluang tersebut kemudian meminta tolong anaknya untuk memasarkan risoles.
"Jadi karena teman-temannya suka kemudian saya tanya, mas mau jualan risol engga? ternyata dia bilang mau," tuturnya.
Selain dibantu sang anak dalam memasarkan risolesnya di sekolah, Winery juga menjual risolesnya di pasar kaget. Saat itu dirinya hanya menjual 100 buah risoles, setelah dinilai laku Winery pun menambah jumlah jualannya. Meskipun kehidupan pasar keras, dirinya tidak mudah menyerah dan tetap gigih untuk berjualan.
"Untuk memasarkannya saya juga minta tolong ke penjual roti keliling untuk sekalian jualin risol saya, bahkan sampai adiknya mamang itu ikut jualan," ucapnya.
Tidak hanya itu, food blogger pun turut berperan dalam kesuksesan bisnis risoles milik Winery. Hal ini karena artikel yang ditulisnya dan memasukkan Risollaku sebagai salah satu oleh-oleh dari Bogor. Ketika respons pembaca positif, Winery mulai memasarkan risolesnya di toko oleh-oleh.
Hal ini membuat bisnis risoles Winery semakin laku. Bahkan saat ini untuk memenuhi kebutuhan akan permintaan pasar, dirinya telah memiliki pabrik risoles yang berstandar BPOM dan dapat menjual ratusan buah per harinya.
Editor: Aditya Pratama