Nadiem Makarim Gaet Netflix untuk Dukung Industri Film Indonesia

Antara ยท Kamis, 09 Januari 2020 - 14:40 WIB
Nadiem Makarim Gaet Netflix untuk Dukung Industri Film Indonesia

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (kiri) berjabat tangan dengan Managing Director Netflix Asia Pacific, Kuek Yu-Chang (kanan) di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Kamis (9/1/2020). (Foto: Ant)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menggaet perusahaan over-the-top (OTT) asal AS, Netflix untuk mendorong keterampilan insan perfilman. Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung industri film di Indonesia.

Nadiem menyebut, Netlix akan berinvestasi sekitar 1 juta dolar AS untuk meningkatkan sumber daya perfilman di Indonesia, termasuk lewat program 'Script to Screen' di Amerika.

"Netflix akan mengadakan pelatihan kepada 15 penulis skenario terpilih dari Indonesia ke Hollywood," kata Nadiem di Jakarta, Kamis (9/1/2020).

Para penulis tersebut, kata Nadiem, akan dipertemukan dengan tim kreatif Netlix dan anggota komunitas kreatif global untuk belajar membuat konten lokal yang menarik bagi pasar global.

Selain itu, Kemendikbud dan Netflix juga akan menggelar lokakarya dengan 100 penulis skenario di Indonesia. Netflix akan memboyong para ahli dan mitra untuk berbagi ilmu soal pengembangan cerita, penulisan skenario, dan pelatihan pascaproduksi.

"Sangat exciting juga bagi kami untuk melihat talenta-talenta kita seperti apa," ucapnya.

Managing Director Netflix Asia Pacific, Kuek Yu-Chang berharap cerita yang dihasilkan peserta pelatihan akan mengangkat tema khas Indonesia yang memikat mata dunia.

"Ini baru permulaan. Indonesia sudah memiliki banyak orang kreatif dan berbakat. Kami berharap kerja dengan pemerintah di sini dapat meningkatkan industri kreatif yang lebih luas," katanya.

Editor : Rahmat Fiansyah