Nasib Garuda Indonesia Ada di Tangan Kreditur Asing

Suparjo Ramalan · Kamis, 11 November 2021 - 14:47:00 WIB
Nasib Garuda Indonesia Ada di Tangan Kreditur Asing
Kelangsungan bisnis Garuda Indonesia berada di tangan kreditur hingga lessor asing. Tercatat, 70 persen kreditur Garuda merupakan kreditur asing. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Kelangsungan bisnis penerbangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk berada di tangan kreditur hingga lessor asing. Pasalnya, dua per tiga kreditur global akan pengaruhi nasib perusahaan kedepannya.

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, pengaruh kreditur global berpengaruh saat proses restrukturisasi utang emiten dengan kode saham GIAA tersebut dilakukan. Adapun total utang Garuda mencapai Rp 139 triliun. 

Tiko, sapaan akrabnya mengakui, pengaruh pemerintah atau pemegang saham dalam proses restrukturisasi hanya mencapai sepertiga saja. Dengan begitu, dominasi berada di tangan kreditur. 

"Kita ini sekarang sepertiga pengaruhnya untuk proses ini (restrukturisasi), dua per tiganya ada di kreditur karena krediturlah lebih punya hak untuk sekarang menentukan kelangsungan Garuda Indonesia kedepannya," ujar Tiko, Kamis (11/11/2021). 

Tiko menambahkan, suksesnya restrukturisasi utang maskapai penerbangan pelat merah itu akan tergantung pada kesepakatan kreditur dalam dan luar negeri. Tercatat, 70 persen kreditur Garuda merupakan kreditur asing. Meski begitu, pemerintah tetap berupaya agar upaya negosiasi itu membuahkan hasil baik bagi bisnis Garuda ke depannya. 

"Dan ini kami upayakan maksimal, tentunya dalam proses hukum kami kan tahu dari 2-3 bulan dari sekarang nanti seperti apa hasil voting atau pendapat dari kreditur atas proposal yang sudah kita ajukan," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: