New Normal, BRIsyariah Siap Beroperasi 100 Persen
 
                 
                JAKARTA, iNews.id - PT Bank BRIsyariah Tbk memastikan siap beroperasi penuh saat kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi Covid-19 diterapkan. Anak usaha Bank BRI itu akan menjalankan protokol kesehatan di area-area operasional.
“Kami sudah mempersiapkan skenario penerapan the new normal. Kami memastikan bahwa operasional BRIsyariah berjalan 100 persen," kata Corporate Secretary BRIsyariah, Mulyatno Rachmanto melalui keterangan tertulis, Rabu (3/6/2020).
 
                                Dia menyebut operasional beberapa unit kerja BRIsyariah sebelumnya harus dialihkan karena berada pada zona merah. Namun, seiring dengan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di beberapa daerah, unit kerja BRIsyariah beroperasi seperti sedia kala.
Mulyatno menambahkan, BRIsyariah telah menyiapkan sejumlah protokol kesehatan seperti mewajibkan karyawan dan pengunjung memakai masker, menjaga jarak minimal satu meter, dan meminimalkan kontak dengan nasabah. Selain itu, BRIsyariah akan mencegah kerumunan dan memonitor kesehatan karyawan sekaligus memastikan yang bertugas di kantor dalam kondisi sehat.
“Kami juga menyiapkan fasilitas membersihkan tangan di tempat-tempat yang mudah dijangkau. Untuk jam layanan kepada nasabah di kantor bank, kami sesuaikan mulai pukul 08.30 hingga 15.00, dan akan menyesuaikan dengan aturan pemerintah daerah setempat,” ujar Mulyatno.
 
Selain layanan di kantor, layanan mobile banking dan call center BRIsyariah siap melayani nasabah selama 24 jam. Hal tersebut sejalan dengan komitmen BRIsyariah untuk terus meningkatkan kinerja guna memaksimalkan potensi perbankan syariah Indonesia yang sangat besar, lewat layanan digital.
“Kami terus memfasilitasi kebutuhan transaksi nasabah selama masa imbauan berkegiatan di rumah, melalui penyediaan layanan digital BRIS Online. Kami melihat masyarakat semakin adaptif dalam memanfaatkan teknologi. Menyambut pemberlakuan the new normal, BRIS Online juga siap digunakan kapanpun di manapun,” tuturnya.
Dengan BRIS Online, berbagai kebutuhan transaksi nasabah dapat dilayani mengingat aplikasi ini memiliki banyak fitur bermanfaat. Mulai dari fitur pembayaran biaya pendidikan, BPJS Kesehatan, Pembelian Sukuk/SBSN, pembayaran pajak e-Samsat, pelunasan haji, ZISWAF, digital marketplace Tokopedia dan Bukalapak, pencarian masjid terdekat, penunjuk arah kiblat, hingga juz amma.
 
BRIsyariah akan terus memaksimalkan pemanfaatan teknologi dalam melayani nasabah, terutama saat penerapan The New Normal nanti sudah berjalan. Dalam internal business process, BRIsyariah telah mengembangkan sistem yang memungkinkan tenaga pemasar pembiayaan memproses pengajuan pembiayaan nasabah secara digital, di luar kantor.
BRIsyariah juga mengoptimalkan aplikasi i-Kurma yang telah diluncurkan pada 2019, untuk menghadirkan layanan yang efisien dan cepat, karena aplikasi ini dapat memangkas waktu proses pengajuan pembiayaan secara signifikan.
Editor: Rahmat Fiansyah