Partai Perindo Dorong Pembinaan UMKM Agar Produktivitas Semakin Meningkat

Advenia Elisabeth · Jumat, 07 Januari 2022 - 18:20:00 WIB
Partai Perindo Dorong Pembinaan UMKM Agar Produktivitas Semakin Meningkat
Partai Perindo menyampaikan, pemerintah perlu lebih fokus dalam melihat sektor bisnis mana yang harus dibina agar produktivitas UMKM semakin meningkat. (Foto: Ilustrasi/Okezone)

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPP Partai Perindo Bidang UMKM dan Koperasi, Wishnu Handoyono menyoroti tingkat pejualan produk UMKM di Indonesia yang menurutnya masih perlu ditingkatkan. Dia menyebut, pemerintah perlu lebih fokus dalam melihat sektor bisnis mana yang harus dibina agar produktivitas UMKM semakin meningkat. 

Wishnu menuturkan, produk UMKM tertentu bisa berkembang menguasai pasar di negara sendiri. Dia menyampaikan, Partai Perindo memiliki kepentingan yang besar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Hal itu tercermin sejak awal partai ini berdiri, sudah menggaungkan target yang dirangkul adalah pelaku UMKM.

"Sejak Partai Perindo berdiri, dan menjadi peserta pertama pemilu pada 2019 kemarin, Partai Perindo paling gencar menyuarakan bahwa UMKM ini akan menjadi target yang diperjuangkan paling penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia," ujar Wishnu dalam webinar Partai Perindo, Jumat (7/1/2022). 

Selain itu, dia menyoroti produk lokal UMKM yang belum menguasai penjualan. Di mana, dari transaksi Harbolnas (Hari Belanja Nasional) 2021 sebanyak Rp18,1 triliun, produk lokal hanya mengantongi Rp8,5 triliun.

"Dalam Harbolnas (Hari Belanja Nasional) saja mencapai Rp 18,1 triliun tapi transaksi dari produk lokal hanya Rp 8,5 triliun. Ini fakta bahwa kita belum jadi tuan rumah untuk menggerakan produksinya secara nasional. Jadi ini PR kita bersama," kata dia.

Wishnu menyebut, dengan realita di lapangan di mana digitalisasi sudah merajai aktivitas manusia, pelaku UMKM diharapkan dapat memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengembangkan produktivitas penjualannya. 

Editor : Aditya Pratama

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda