Pasokan Memburuk, Penjualan BBM di Sri Lanka Hanya Layani Transportasi Umum hingga Layanan Medis

Aditya Pratama ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 07:29:00 WIB
Pasokan Memburuk, Penjualan BBM di Sri Lanka Hanya Layani Transportasi Umum hingga Layanan Medis
Sri Lanka menangguhkan penjualan bahan bakar minyak (BBM) untuk sektor non-esensial di tengah upaya menghadapi krisis ekonomi terburuk. (Foto: Reuters)

KOLOMBO, iNews.id - Sri Lanka menangguhkan penjualan bahan bakar minyak (BBM) untuk sektor non-esensial di tengah upaya negara itu menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade. Selama dua minggu ke depan, hanya bus, kereta api, dan kendaraan yang digunakan untuk layanan medis dan transportasi makanan yang diizinkan mengisi bahan bakar.

Mengutip BBC, sekolah-sekolah di daerah perkotaan telah ditutup, sementara para pejabat menyampaikan kepada 22 juta penduduk Sri Lanka untuk bekerja dari rumah.

Negara Asia Selatan itu sedang dalam pembicaraan mengenai kesepakatan bailout karena berjuang untuk membayar impor seperti bahan bakar dan makanan.

"Sri Lanka merupakan negara pertama yang mengambil langkah drastis dalam menghentikan penjualan bahan bakar kepada masyarakat biasa sejak krisis minyak tahun 1970-an, ketika bahan bakar dijatah di Amerika Serikat (AS) dan Eropa dan batas kecepatan diperkenalkan untuk mengurangi permintaan," ujar kepala minyak dan penelitian gas d Investec, Nathan Piper dikutip, Rabu (29/6/2022).

Dia mengatakan larangan itu menggarisbawahi kenaikan tajam dalam harga minyak dan terbatasnya cadangan devisa Sri Lanka.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda