Pasokan Terhambat, 2 Komoditas Ini Bisa Jadi Substitusi Gandum

Iqbal Dwi Purnama ยท Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:31:00 WIB
Pasokan Terhambat, 2 Komoditas Ini Bisa Jadi Substitusi Gandum
Adanya konflik perang Rusia-Ukraina membuat pasokan gandum menjadi terhambat ke dalam negeri. Jagung dan sorgum disebut bisa jadi substitusi gandum. (Foto: Ilustrasi/Pixabay)

JAKARTA, iNews.id - Adanya konflik perang Rusia-Ukraina membuat pasokan gandum menjadi terhambat ke dalam negeri. Oleh karena itu, pemerintah perlu cepat mencari substitusi dari komoditas tersebut agar tidak berdampak dalam untuk ketahanan pangan dalam negeri.

Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama dan Humas Badan Pangan Nasional (NFA) Risfaheri mengatakan, setidaknya ada dua komoditas yang mampu menjadi substitusi gandum, seperti jagung dan sorgum.

Produksi jagung dalam negeri dapat dipacu untuk mensubstitusi kebutuhan tepung terigu atau gandum. Karena untuk beberapa produk pangan minimal substitusi 30 persen dengan sumber pangan lokal. Saat ini peningkatan produksi yang baik yaitu jagung. 

"Kenapa jagung? yang sudah ada tidak didorong untuk ditingkatkan lagi produksinya," ujar Risfaheri dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Selain jagung, dia menjelaskan sorgum dijadikan stok sebagai substitusi defisit gandum. Asumsinya, impor gandum 10 juta ton kemudian substitusi 30 persen melalui kandungan lokal. 

"Kalau pakai sorgum dengan dua kali tanam setahun, maka membutuhkan lahan hampir 500.000 hektare. Begitu juga mendorong komoditas lain seperti ubi kayu yang produksinya mencapai 20-30 ton per hektare," kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda