Pelayanan Digital Jadi Masa Depan Perbankan, MNC Bank: Motion Permudah Transaksi
JAKARTA, iNews.id - Tidak dapat dimungkiri, kebutuhan perbankan digital saat ini semakin tinggi. Selain didorong oleh kematangan dari infrastruktur, seperti akses internet yang kian luas, cepat dan stabil, hal tersebut juga didorong karena pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini.
Dengan keterbatasan interaksi fisik akibat melindungi diri dan keluarga dari intaian virus Covid-19, maka pelayanan perbankan digital semakin cepat tumbuh menjadi suatu kebutuhan. Indonesia sendiri adalah wilayah yang sangat berpotensi untuk pengembangan perbankan digital. Kepala Group Review dan Pengembangan Surveilans dan Pengawasan Departemen Surveilans Sistem Keuangan Bank Indonesia (BI) Yanti mengatakan, hingga saat ini sebanyak 91,3 juta masyarakat Indonesia masih belum tersentuh layanan finansial atau perbankan.
Principal Economist Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Agung Purwoko menyebut, saat ini Indonesia memiliki sebanyak 338,2 juta pengguna seluler. Angka itu setara dengan 124 persen dari total 269 juta penduduk.